Analisis Kinerja Keuangan Perbankan Syariah melalui Pendekatan Islamicity Performance Index dan Sharia Maqashid Index Pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di OJK Tahun 2021

SITI NURAFIFAH, (2023) Analisis Kinerja Keuangan Perbankan Syariah melalui Pendekatan Islamicity Performance Index dan Sharia Maqashid Index Pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di OJK Tahun 2021. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203141_1_cover.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203141_2_bab1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203141_6_bab5.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203141_7_dafpus.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

SITI NURAFIFAH. NIM. 1908203141. “Analisis Kinerja Keuangan Perbankan Syariah melalui Pendekatan Islamicity Performance Index dan Sharia Maqashid Index Pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di OJK Tahun 2021”, Skripsi, 2023. Kinerja Keuangan Perbankan Syariah menurut Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan mengalami peningkatan dan terus menunjukkan pertumbuhan yang positif, hal tersebut dapat terlihat dari kondisi ketahanan Perbankan Syariah yang semakin solid dan kuat. Namun, tidak banyak penelitian yang melakukan penilaian Kinerja Keuangan Perbankan Syariah menggunakan pendekatan Islamicity Performance Index dan Sharia Maqashid Index secara komprehensif. Saat ini, masih banyak penelitian yang menggunakan metode penilaian Kinerja Keuangan Perbankan Konvensional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kinerja Keuangan Perbankan Syariah melalui pendekatan Islamicity Performance Index dan Sharia Maqashid Index. Metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini ialah Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK tahun 2021 serta memiliki >50 jaringan kantor. Data yang digunakan ialah data sekunder yang diperoleh dari Laporan Keuangan Tahunan yang telah dipublikasikan di website resmi masing-masing Bank Umum Syariah. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung rasio dalam Islamicity Performance Index, serta menggunakan Sharia Maqashid Index dengan Simple Additive Weighting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan pendekatan Islamicity Performance Index, Bank Muamalat Indonesia menempati posisi teratas. Sedangkan, berdasarkan pedekatan Sharia Maqashid Index menunjukkan bahwa Bank BCA Syariah menjadi Bank Umum Syariah yang paling unggul dalam menerapkan tiga tujuan dalam Sharia Maqashid Index. Dan jika dinilai berdasarkan kedua pendekatan tersebut menunjukkan bahwa Bank BCA Syariah mampu menerapkan kedua pendekatan tersebut dengan baik. Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Perbankan Syariah, Islamicity Performance Index, Sharia Maqashid Index.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:15
Last Modified: 05 Jun 2023 06:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10608

Actions (login required)

View Item View Item