AKAD MUDHARABAH MUTLAQAH PADA PERSPEKTIF FATWA DSN(TELAAH PENERAPANNYA PADA PRODUK TABUNGAN BTN HAJI DAN UMROH IB DI BTN SYARIAH KCS CIREBON)

RATNA DININGRUM, (2023) AKAD MUDHARABAH MUTLAQAH PADA PERSPEKTIF FATWA DSN(TELAAH PENERAPANNYA PADA PRODUK TABUNGAN BTN HAJI DAN UMROH IB DI BTN SYARIAH KCS CIREBON). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1708203012_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708203012_2_bab1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708203012_6_bab5.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708203012_7_dafpus.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

RATNA DININGRUM, NIM:1708203012, “AKAD MUDHARABAH MUTLAQAH PADA PERSPEKTIF FATWA DSN(TELAAH PENERAPANNYA PADA PRODUK TABUNGAN BTN HAJI DAN UMROH IB DI BTN SYARIAH KCS CIREBON)", SKRIPSI 2022. Mudharabah adalah penanaman dana dari pemilik dana (shahibul maal) kepada pengelola dana (mudharib) untuk melakukan kegiatan usaha tersebut, dengan pembagian menggunakan metode bagi untung dan rugi (profit and loss sharing) atau metode bagi pendapatan (revenue sharing) antara kedua belah pihak berdasarkan nisbah yang telah disepakati sebelumnya. Tabungan haji adalah suatu bentuk pelayanan dari perbankan yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam merencanakan tabungan yang berbasis syariah berupaya untuk menghimpun dana masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji memberikan beberapa bentuk pelayanan yang sesuai dengan syariah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk bagaimana penerapan akad mudharabah mutlaqah pada produk Tabungan BTN Haji dan Umroh iB di BTN Syariah KCS Cirebon sesuai dengan fatwa DSN, bagaimana mekanisme Tabungan BTN Haji dan Umroh iB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di bank BTN Syariah KCS Cirebon. Laporan ini bersifat deskriptif, yaitu sebuah penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menggunakan data atau keterangan yang diperoleh secara langsung dari sumber dimana penelitian berlangsung. Hasil penelitian produk tabungan BTN Haji dan Umroh sudah berbasis syariah untuk tabungan haji peraturan pertama yang keluar itu pada tahun 2018 ada ketentuan dari kementerian agama bahwasannya untuk pembukaan rekening haji wajib di bank syariah. Dalam Tabungan Haji dan Umroh Di Bank BTN Syariah Kantor Cabang Cirebon harus melunasi biaya awal terlebih dahulu yaitu sebesar Rp. 25.500.000 dan nasabah Tabungan Haji iB BTN Syariah baru dapat didaftarkan ke Kemenag untuk mendapatkan nomor porsi keberangkatan haji ke tanah suci Mekkah. Kata Kunci: Mudharabah Mutlaqah, Tabungan Haji dan Umroh iB, Mekanisme Tabungan Haji dan Umroh iB

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:07
Last Modified: 08 Jun 2023 07:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10629

Actions (login required)

View Item View Item