Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Komala Sari, (2023) Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203012_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203012_2_bab1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203012_6_bab5.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203012_7_dafpus.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Komala Sari. NIM 1908203012 “Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Salah satunya yaitu dengan hadirnya e-commerce shopee yang dapat mempermudah masyarakat dalam menggunakan layanan elektronik yang dapat memberikan kepercayaan serta kepuasan pada pelanggan. Banyaknya pesaing e-commerce yang bermunculan yang akan menjadi suatu pilihan pelanggan dalam menggunakan layanan e-commerce yang baik serta produk yang ditawarkan berkualitas serta sesuai dengan harapan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara e-service quality dan e-trust terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ini adalah statistif inferensial dengan pendekatan kuantitatif, jenis data yang digunakan yaitu dengan data primer dengan sumber data berasal dari kuesioner. Jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 90 responden dari populasi 754 mahasiswa perbankan syariah menggunakan rumus slovin dengan standar eror 0,1 atau 10%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan E-Service Quality secara parsial tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pengguna e-commerce shopee. Hal ini dibuktikan uji t dimana nilai Sighitung < 0,05 yaitu 0,269, dan nilai thitung > ttabel yaitu 1,111 < 1,66235. Kemudian E-Trust secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pengguna e-commerce shopee. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji t dimana nilai Sighitung < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai thitung > ttabel yaitu 7,565 > 1,66235. Dan secara simultan dilakukan variabel E-Service Quality (X1) dan E�Trust (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar (28,585) lebih besar dari ftabel (2,709). Hal ini dibuktikan dengan nilai Sighitung (0,000) < 0,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel E-Service Quality ( X1), E-Trust (X2) berpengaruh secara positif signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Kata kunci : E-Service Quality, E-Trust dan Kepuasan Pelanggan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:15
Last Modified: 08 Jun 2023 07:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10632

Actions (login required)

View Item View Item