PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN FAKTOR EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KANTOR CABANG CIREBON

AISYAH SINTA BALQIS, (2023) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN FAKTOR EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KANTOR CABANG CIREBON. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203191_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203191_2_bab1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203191_6_bab5.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203191_7_dafpus.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

AISYAH SINTA BALQIS. 1908203191, “PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN FAKTOR EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KANTOR CABANG CIREBON”, 2023. Bank Konvensional dan Bank Syariah di Indonesia telah mengalami persaingan yang semakin tajam. Kondisi ini menjadikan setiap Bank membutuhkan usaha keras untuk mendapatkan dan mempertahankan nasabah. Kualitas layanan artinya jumlah fitur atau ciri produk seta layanan yang mendukung kemampuannya untuk memenuhi kebutuhannya secara pribadi atau tak langsung. Faktor emosional yang dimiliki oeh nasabah juga memiliki peranan penting dalam menciptakan kepuasan. Kepuasan artinya respon dari kepuasan nasabah bahwa suatu layanan atau produknya telah meberikan tingkat kepuasan yang pencapaiannya lebih. Perwakilan perasaan nasabah yang diterima yang mendorong nasabah untuk melakukan pembelian secara terus menerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Layanan Faktor dan Emosional dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kedua variabel tersebut secara bersama�sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Cirebon Dr Cipto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuesioner, observasi dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Cirebon Dr Cipto dengan sampel yang digunakan sebanyak 96 responden. Pengujian menggunakan aplikasi SPSS versi 26, uji statistikmenggunakanuji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan uji t serta uji F. Hasil penelitian pada uji f menunjukkan bahwa kualitas layanan dan faktor emosional secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Cirebon Dr Cipto hal ini dibuktikan dengan Fhitung (8,026) > Ftabel (2,36) dan nilai signifikansi 0,001(Sig. < 0,1). Pada uji t, dengan menggunakan tabel disrtibusi normal t dan mengunakan tingkat kesalahan sebesar 10% serta derajat kebebasan (df) n-k= 96-2=94, maka diperoleh nilai distribusi tabel t adalah 1,661. Dapat disimpulkan bahwa tthitung Kualitas Layanan (0,851) < ttabel (1,661) dan signifikansi sebesar 0,397 maka H0 ditolak dan Ha diterima dan thitungFaktor Emosional (3,277) > ttabel (1,661) maka H0 ditolak dan Ha diterima. KATA KUNCI: Kualitas Layanan, Faktor Emosional dan Kepuasan Nasabah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:09
Last Modified: 13 Jun 2023 03:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10649

Actions (login required)

View Item View Item