PENGARUH BUMDES TERHADAP PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KECAMATAN PABEDILAN (Studi Kasus Desa Pasuruan Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon)

Argo Maulana, (2023) PENGARUH BUMDES TERHADAP PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KECAMATAN PABEDILAN (Studi Kasus Desa Pasuruan Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203144_1_cover.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203144_2_bab1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203144_6_bab5.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203144_7_dafpus.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Argo Maulana, NIM, 1908203144, “PENGARUH Keberadaan BUMDes Terhadap Pendapatan dan Kesejahteraa Masyarakat. Dalam mewujudkan desa yang maju, kuat, serta mandiri diperlukan komitmen yang kuat oleh semua pihak. Salah satu cara mendorong pembangunan pada tingkat desa, yaitu memberikan wewenang pada pemerintah desa untuk mengelola secara mandiri lingkup desa melalui lembaga-lembaga ekonomi di tingkat desa. Salah satunya adalah dengan mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jika BUMDes mampu berjalan dengan baik, terlebih mampu meningkatkan pendapatan asli desa dan mengurangi pengangguran, maka kedepannya desa akan semakin sejahtera dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah. “Bagaimana Pengaruh Keberadaan BUMDes Terhadap Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat Pabedilan”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yan dikumpulkan dengan cara survei dan questioner. Adapun hasil penelitian ini : Pengaruh Keberadaan BUMDes Terhadap Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat. BUMDes sangat berpengaruh dalam pendapatan dan kesejahteraan masayarakat. Karena, dengan adanya BUMDes maka pendapatan desa akan bertambah. Dengan adanya tambahan pendapatan tersebut maka desa bisa mengalokasikan pendapatan tersebut kedalam program yang sedang dibutuhakan masyarakat. Dengan adanya BUMDes juga tingkat kesejahteraan masayarakat juga meningkat. Karena, dengan adanya BUMDes akan memberikan dampak positif. Misalnya, merubah pola piker masyarakat, masyarakat merasa semangat, dan membuka lowongan pekerjaan. Kata Kunci : BUMDes, Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:34
Last Modified: 13 Jun 2023 03:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10654

Actions (login required)

View Item View Item