PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON

EHA TUNISA, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
EHA TUNISA_07410088___ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

EHA TUNISA (07410088) : Pengaruh Penggunaan Metode Active Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Lemahabang Kabupaten Cirebon. Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik ke dalam proses belajar sehingga mereka dapat memperoleh tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Pembelajaran hendaknya memperhatikan kondisi individu anak dan menggunakan metode yang inovatif . Pembelajaran yang kurang memperhatikan perbedaan individual anak dan didasarkan pada keinginan guru, akan sulit untuk dapat mengantarkan anak didik ke arah pencapaian tujuan pembelajaran. Kondisi seperti inilah yang pada umumnya terjadi pada pembelajaran konvensional. Konsekuensi dari pendekatan pembelajaran seperti ini adalah terjadinya kesenjangan yang nyata antara anak yang cerdas dan anak yang kurang cerdas dalam pencapaian tujuan pembelajaran.. Hal ini membuktikan terjadinya kegagalan dalam proses pembelajaran di sekolah.Menyadari kenyataan seperti ini para ahli berupaya untuk mencari dan merumuskan strategi yang dapat merangkul semua perbedaan yang dimiliki oleh anak didik. Strategi pembelajaran yang ditawarkan adalah strategi belajar aktif (active learning strategy) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Active Learning, mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan mengetahui bagaimana korelasi antara penerapan metode Active Learning dengan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Penddikan Agama Islam (PAI) di SMKN I Lemahabang kabupaten Cirebon. Keberhasilan belajar disebabkan oleh faktor intern dan ekstern siswa serta penguasaan guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat, hal tersebut akan dicapai suatu kondisi belajar yang optimal jika seorang guru mempunyai kemampuan dan ketrampilan dalam melakukan proses pembelajaran. Langkah-langkah penelitian ini menggunakan pendekatan empirik/lapangan. Sumber data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Populasi penelitian diambil dari siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Lemahabang Kabupaten Cirebon yang berjumlah 168 siswa dengan teknik random sederhana, sampel yang diambil sebanyak 10% dari 168 siswa yaitu 17 siswa. Setelah data terkumpul dilakukan tahap analisis data melalui perhitungan prosentase dan korelasi, kemudian ditafsirkan untuk memperoleh kesimpulan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas penerapan metode Active Learning pada mata pelajaran PAI memperoleh rata-rata 2.10 dengan prosentase 70,00 % dalam kriteria cukup, hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI memperoleh rata-rata 31,41 dalam kriteria kurang, dan korelasi antara penerapan metode Active Learning dan hasil belajar siswa memperoleh nilai koefisien korelasi Product Moment (rxy) sebesar 0,44 dalam kriteria korelasi sedang atau cukup.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 05:40
Last Modified: 06 Jun 2017 03:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1066

Actions (login required)

View Item View Item