KONTRIBUSI PEREMPUAN PEDAGANG KAKI LIMA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Perempuan Pedagang Kaki Lima di Pasar Sitanggal Brebes)

Ika Retno Ayu Maulida, (2023) KONTRIBUSI PEREMPUAN PEDAGANG KAKI LIMA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Perempuan Pedagang Kaki Lima di Pasar Sitanggal Brebes). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1608203187_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608203187_2_bab1.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608203187_6_bab5.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608203187_7_dafpus.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Ika Retno Ayu Maulida, NIM : 1608203187, “KONTRIBUSI PEREMPUAN PEDAGANG KAKI LIMA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Perempuan Pedagang Kaki Lima di Pasar Sitanggal Brebes)”. Kontribusi merupakan suatu keikutsertaan atau keterlibatan individu dalam melakukan sesuatu.Kontribusi yang dimaksud yaitu dalam hal ini perempuan pedagang kaki lima untuk meningkatkan perekonomian keluarga.Pada dasarnya peran perempuan tidak hanya sebagai ibu rumah tangga tetapi bisa berperan juga sebagai ibu yang membantu kesejahteraan keluarga. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kontribusi perempuan pedagang kaki lima dalam meningkatkan pendapatan keluarga menurut perspektif Islam. Selain itu, tujuan lainnya yaitu untuk mengetahui faktor penyebab, dampak positif dan negatif tentang perempuan pedagang kaki lima serta bagaimana pandangan Islam mengenai perempuan yang bekerja untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan field research (studi kasus). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Kesimpulan dari penelitian yang sudah dilakukan ini bahwa kontribusi perempuan pedagang kaki lima disebabkan oleh faktor ekonomi.Sehingga para perempuan pedagang kaki lima memutuskan untuk berdagang agar meningkatkan perekonomian keluarga.Selain itu, menurut pandangan Islam tidak ada yang melarang perempuan bekerja.Asalkan mendapatkan izin dari suami dan tidak melalaikan kewajiban sebagai ibu rumah tangga. Kata Kunci : Kontribusi, Pedagang Kaki Lima, Perempuan, Pandangan Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:52
Last Modified: 19 Jun 2023 06:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10678

Actions (login required)

View Item View Item