APERSEPSI DALAM PEMBELAJARAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MTs SALAFIYAH KOTA CIREBON

FATIHATUL KITAB, (2012) APERSEPSI DALAM PEMBELAJARAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MTs SALAFIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FATIHATUL KITAB_07410012__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

FATIHATUL KITAB : Apersepsi dalam Pembelajaran Hubungannnya dengan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kota Cirebon Salah satu faktor yang berhubungan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Salafiyah Kota Cirebon adalah adanya apersepsi dalam pembelajaran. Apersepsi perlu dilakukan untuk menjajagi pengetahuan peserta didik, memotivasi peserta didik dengan menyajikan materi yang menarik, dan mendorong mereka untuk mengetahui berbagai hal baru. Apersepsi dapat diartikan juga sebagai cara seorang guru membuka pelajaran pada menit-menit pertama kegiatan pembelajaran. Apersepsi dilakukan bertujuan agar siswa tertarik dan konsentrasi untuk mengikuti pelajaran yang akan disampaikan pada menit-menit berikutnya, sehingga siswa dengan mudah memahami materi yang disampaikan dan adanya perubahan pada siswa tersebut setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penulisan skripsi ini adalah ingin mengatahui tentang pelaksanaan apersepsi dalam pembelajaran, hasil belajar siswa pada bidang Studi Aqidah Akhlak di MTs Salafiyah Kota Cirebon dan hubungan antara apersepsi dengan hasil belajar siswa pada bidang Studi Aqidah Akhlak di MTs Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini dilakukan dengan asumsi bahwa, pada saat pembelajaran, guru diwajibkan memiliki keterampilan profesional dalam hal membuka dan menutup pelajaran. Membuka pelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mempersiapkan mental dan menarik perhatian peserta didik secara optimal, agar mereka dapat memusatkan perhatiannya pada pelajaran yang disajikan. Kegiatan tersebut sangat penting, karena dapat memberikan sumbangan yang berarti terhadap pencapaian tujuan dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan Studi kepustakaan serta penyebaran angket kepada 73 siswa dari jumlah siswa kelas VIII. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : 1. 61,23% siswa menjawab apersepsi dilakukan pada kegiatan pembelajaran, 2. 62,73% siswa menjawab adanya perubahan yang lebih baik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran Aqidah Akhlak, 3. Terdapat hubungan antara apersepsi dalam pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai 0,84, yang berarti bahwa korelasi (hubungan) antara variabel X (apersepsi) dengan variabel Y (hasil belajar siswa) terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Jika dikoefisienkan sebesar 70% dengan kata lain, Ho ditolak dan Ha diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 06:04
Last Modified: 06 Jun 2017 04:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1072

Actions (login required)

View Item View Item