PENGARUH PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN INVESTASI, RISIKO DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH” (Studi kasus pada mahasiswa muslim Cirebon)

MUHAMMAD IRFAN AL AYYUBI, (2023) PENGARUH PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN INVESTASI, RISIKO DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH” (Studi kasus pada mahasiswa muslim Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203037_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203037_2_bab1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203037_6_bab5.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203037_7_dafpus.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

MUHAMMAD IRFAN AL AYYUBI. NIM 1908203037. “PENGARUH PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN INVESTASI, RISIKO DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH” (Studi kasus pada mahasiswa muslim Cirebon). Pasar modal merupakan salah satu sarana investasi untuk semua kalangan, tidak terkecuali mahasiswa. Minat mahasiswa berinvestasi dipengaruhi beberapa faktor seperti pengetahuan, risiko dan motivasi, permasalahan yang mendasar yang yang menjadi kendala berkembangnya pasar modal syariah adalah mahasiswa yang masih awam pemahamannya tentang pengetahuan pasar modal syariah memanfaatkan fasilitas kampus yang menunjang minat berinvestasi sebagai upaya membantu permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengetahuan dan pemahaman investasi, risiko dan motivasi terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang pupulasinya adalah mahasiswa muslim wilayah Cirebon sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik random sampling dan Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan dan pemahaman investasi secara parsial memiliki tidak pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah. Sedangkan risiko investasi secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal. Sedangkan motivasi investasi secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal. Secara simultan pengetahuan dan pemahaman investasi, risiko dan motivasi investasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah. Kata kunci: Pengetahuan dan Pemahaman Investasi,Risiko Investasi, Motivasi Investasi, Minat Berinvestasi, Pasar Modal Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:04
Last Modified: 27 Jun 2023 05:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10723

Actions (login required)

View Item View Item