KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN DAN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-IKHLAS MAYUNG KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

JUJU JUHAIRIYAH, (2012) KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN DAN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-IKHLAS MAYUNG KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
JUJU JUHAIRIYAH_07410098__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

JUJU JUHAIRIYAH: “Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas Hubungannnya dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhlas Mayung Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon” Dalam suatu proses pembelajaran Al Qur‟an Hadits di kelas, ada beberapa hal yang dapat menimbulkan gangguan konsentrasi belajar siswa, sehinggga proses pembelajarannya tidak efektif dan kondusif. Gangguan yang ditimbulkan siswa adalah antara lain, mengobrol dengan teman sebangku, menyela pembicaraan ketika guru sedang menyampaikan materi, dan terlambat masuk kelas. Adapun faktor eksternal yang dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa yaitu, kondisi kelas yang kotor, tatanan bangku tidak rapi, dan kurangnya fasilitas pendukung pembelajaran Al Qur‟an Hadits. Akan tetapi hasil observasi penulis di lapangan, diperolerh gambaran guru dalam penerapan pengelolaan kelasnya belum sepenuhnya dilaksanakan, karena banyak faktor baik dari kemampuan guru, siswa ataupun media pembelajran yang kurang memadai. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui, pelaksanaan pengelolaan kelas dalam pembelajaran, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur‟an Hadits di MTs Al-Ikhlas Mayung, dan hubungan antara ketrampilan pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa pada pelajaran Al Qur‟an Hadits di MTs Al-Ikhlas Mayung. Penelitian ini dilakukan, atas dasar asumsi bahwa, pengelolaan kelas merupakan suatu usaha guru dalam menciptakan kondisi belajar yang optimal, untuk mendapatkan suatu kondisi belajar yang optimal tersebut, dapat dicapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran serta pengendalian dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan suasana belajar yang menyenangkan, siswa tidak akan merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran, karena guru dapat mensiasati dan mengatur kondisi belajar siswa agar tetap kondusif dan menyenangkan tidak kaku. Dalam Penelitian ini, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Dalam pengolahan data, penulis menggunakan rumus prosentse dan Product moment. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ketrampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Al Qur‟an Hadits di MTs Al-Ikhlas Mayung, cukup baik (57,9%). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur‟an Hadits tergolong hasil belajar yang baik (8,31). Adapun korelasi antara ketrampilan guru dalam pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur‟an Hadits1 di MTs Al-Ikhlas Mayung tergolong rendah (0,20%). Hal ini menunjukkkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara variabel X (Ketrampilan pengelolaan kelas) dengan variabel Y (Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur‟an Hadits). Jika dikoefisienkan sebesar 4% dengan kata lain, Ho ditolak dan Ha diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 06:32
Last Modified: 06 Jun 2017 06:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item