PERBANDINGAN METODE ALGORITMA TITIK INTERIOR DENGAN BRANCH AND BOUND DALAM OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PRODUKSI SUMPIA UDANG JAYA DESA CIPINANG

RAHMATIKA ANJANI, (2023) PERBANDINGAN METODE ALGORITMA TITIK INTERIOR DENGAN BRANCH AND BOUND DALAM OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PRODUKSI SUMPIA UDANG JAYA DESA CIPINANG. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105025_1_cover.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105025_2_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105025_6_bab5.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105025_7_dafpus.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Program linier adalah suatu metode yang melibatkan fungsi-fungsi linier yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah pengalokasian sunber-sumber secara optimal. Pokok pikiran menggunakan program linier adalah merumuskan masalah dari informasi yang tersedia dan menerjemahkan kedalam model matematika. UMKM Sumpia Udang Jaya merupakan usaha yang bergerak dalam bidang makanan ringan. UMKM Sumpia Udang Jaya tidak menggunakan metode dalam riset operasi dalam menentukan banyaknya produksi. Riset operasi adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan kasus optimasi keuntungan. Karena dalam suatu perusahaan perlu adanya optimasi keuntungan perusahaan yang semaksimal mungkin. Metode Branch and Bound adalah salah satu metode untuk penyelesaian optimal program linier yang menghasilkan variabel-variabel keputusan bilangan bulat. Algoritma titik interior adalah metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah program linier. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan formulasi yang tepat untuk produksi Sumpia Udang Jaya menggunakan program linier dengan metode Branch and Baund dan metode Algoritma Titik Interior. Serta menentukan metode apakah yang paling efisien diantara metode Algoritma Titik Interior dengan Branch and Bound. Keefisienan metode ini diukur berdasarkan banyaknya iterasi dan hasil yang paling optimal dalam menyelesaikan permasalahn program linier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi pustaka. adalah fungsi tujuan untuk memperoleh keuntungan yang. Variabel keputusannya adalah ketiga produk UMKM Sumpia Udang Jaya yaitu . Sehingga fungsi tujuannya . Berdasarkan hasil dari.perhitungan menggunakan metode Branch and bound dengan 2 iterasi diperoleh keuntungan sebesar Berdasarkan hasil dari perhitungan menggunakan metode algoritma titik interior dengan 5 iterasi diperoleh keuntungan sebesar .

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:45
Last Modified: 06 Jul 2023 02:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10890

Actions (login required)

View Item View Item