MUHAMMAD ROMDHONI, (2012) PENGARUH PENDEKATAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR ( SD ) NEGERI 2 KARANGASEM KECAMATAN KARANGWARENG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MUHAMMAD ROMDHONI_07410021__OK.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
MUHAMMAD ROMDHONI : PENGARUH PENDEKATAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 2 KARANGASEM KECAMATAN KARANGWARENG KABUPATEN CIREBON. Tujuan pendekatan guru dalam memotivasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajar di SD Negeri 2 Karangasem kelas 5 adalah untuk mengatasi masalah-masalah atau kesulitan-kesulitan yang ada pada siswa, kaitannya dengan bidang studi PAI dimana prestasi bidang studi PAI pada akhir ini menurun. Karena itu diperlukan kembali pendekatan guru dalam memotivasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajar dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian yang dilakukan di SD Negeri 2 Karangasem bertujuan untuk memperoleh data tentang pendekatan guru dalam memotivasi belajar siswa untuk bidang studi PAI kelas 5 di Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Karangasem. Untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa bidang studi PAI kelas 5 di Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Karangasem. Untuk memperoleh data tentang pengaruh pendekatan Guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bidang studi PAI kelas 5 di Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Karangasem. Keberhasilan yang dicapai oleh siswa dalam bidang studi PAI ini, tentunya dikarenakan adanya faktor-faktor yang mempengaruhinya, salah satu diantaranya adalah faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dan bagaimana peran guru dalam memotivasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajar, serta dapat dukungan yang penuh dari orang tua terhadap program bidang studi PAI. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik-teknik sebagai berikut : (1) teknik pengumpulan data. Adapun teknik-tekniknya adalah; a. observasi, b. wawancara, c. Penyebaran soal tes kepada siswa yang dijadikan sampel sebanyak 24 jumlah siswa kelas V, d. dokumentasi. (2) Menggunakan rumus prosentase dan (3) untuk mengetahui pengaruh antara variabel x dan variabel y, maka digunakan rumus korelasi pearson product moment (PPM). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : 1. Pendekatan guru dalam memotivasi belajar bidang studi PAI siswa kelas 5 di Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Karangasem mencapai 80,31 % yaitu guru Pendidikan Agama Islam (PAI) telah melakukan pendekatan dalam memotivasi belajar siswa. 2. Prestasi belajar kelas 5 di Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Karangasem bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa memperoleh nilai rata-rata 75 dengan kategori baik. 3. Adanya pengaruh pendekatan guru dalam memotivasi belajar terhadap prestasi belajar bidang studi PAI menunjukan nilai positif, hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan koefisien korelasi yang mencapai nilai 0,41 dengan interpretasi sedang.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 07:11 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 03:48 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1090 |
Actions (login required)
View Item |