PENGARUHKOMPETENSIPAEDAGOGIKGURUPENDIDIKANAGAMAISLAM(PAI) TERHADAPMOTIVASIBELAJARSISWAKELASVII MATAPELAJARANPENDIDIKANAGAMAISLAM(PAI) DI SEKOLAHMENENGAHPERTAMA(SMP)NEGERI 13 KOTACIREBON

Naili Latifah, (2012) PENGARUHKOMPETENSIPAEDAGOGIKGURUPENDIDIKANAGAMAISLAM(PAI) TERHADAPMOTIVASIBELAJARSISWAKELASVII MATAPELAJARANPENDIDIKANAGAMAISLAM(PAI) DI SEKOLAHMENENGAHPERTAMA(SMP)NEGERI 13 KOTACIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NAILI LATIFAH_58411085__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Naili Latifah, 58411085, “Pengaruh Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 13 Kota Cirebon” Pendidikan bertanggung jawab dalam usaha membentuk kepribadian yang baik. Karena itu Islam menganjurkan agar dalam memberikan suatu pekerjaan, harus pada orang yang memiliki ilmu pengetahuan tentang pekerjaan yang dihadapinya, termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam proses pembelajaran sebagian besar keberhasilan peserta didik ditentukan oleh peranan guru. Guru yang berkompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif sehingga siswa akan termotivasi untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang kompetensi paedagogik guru PAI, untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI kelas VII, dan untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi paedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 13 Kota Cirebon. Sebagai kerangka pemikiran bahwa proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peran utama yang harus memiliki kompetensi-kompetensi yang memadai termasuk didalamnya harus memiliki kompetensi paedagogik yang meliputi : kemampuan memahami karakteristik peserta didik, kemampuan memahami cara dan kesulitan belajar peserta didik, kemampuan menguasai prinsip-prinsip dasar belajar mengajar yang mendidik, kemampuan mengembangkan kurikulum yang mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran, kemampuan merancang pembelajaran, kemampuan, melaksanakan aktivitas pembelajaran, kemampuan menilai proses dan hasil pembelajaran. Sehingga profesi guru tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak berkompeten. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik diantaranya: Observasi Wawancara. Angket, Studi Dokumentasi dengan cara menyimak, mencatat dan menginventarisir catatan-catatan serta dokumen-dokumen yang bersifat administratif tentang kondisi objektif lokasi penelitian, yaitu SMPN 13 Kota Cirebon. Dari analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil prosentase kompetensi paedagogik guru PAI sebesar 54,29% termasuk kriteria kurang baik. Motivasi belajar PAI siswa kelas VII dinilai cukup baik karena berada dalam kisaran 60%. Hasil dari perhitungan korelasi antara kompetensi paedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI mencapai 0,67; berarti kategori cukup.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:18
Last Modified: 07 Jun 2017 01:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item View Item