NINA SUMANTINI, (2012) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGUASAI MATERI PEMBELAJARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM BELAJAR SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 MALEBER KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
NINA SUMANTINI_58410358__OK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
NINA SUMANTINI “Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menguasai Materi Pembelajaran dan Pengaruhnya terhadap Pemahaman Siswa dalam Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Maleber Kabupaten Kuningan” Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah-sekolah umum belum menjadi mata pelajaran yang difavoritkan dan diminati karena faktor utama yang menjadi pemicunya adalah rendahnya kemampuan penyampaian materi pembelajaran oleh pengajar yang tentunya akan berpengaruh terhadap pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar. Untuk itu penguasaan materi bagi guru merupakan salah satu hal yang sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Hal yang sama diasumsikan terjadi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Maleber Kabupaten Kuningan dengan Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) 65. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menguasai materi pembelajaran, untuk memperoleh data tentang pemahaman siswa, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menguasai materi pembelajaran terhadap pemahaman siswa dalam belajar siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Maleber Kabupaten Kuningan. Dalam Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen dijelaskan bahwa “kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan” Salah satunya yaitu kompetensi professional guru dimana kemampuan tenaga ahli yang memerlukan kepandaian khusus terhadap penguasaan aspek pengetahuan, keterampilan serta sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, penyebaran angket dan juga studi dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan melakukan perhitungan prosentasi hasil angket, dan melakukan penafsiran perhitungan prosentasi hasil angket tersebut, serta menggunakan Korelasi Pearson Product Moment dan Regresi Sederhana. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menguasai materi pembelajaran mencapai hasil rata-rata 40,69 % yang berarti Kurang Baik. Dari analisis data tentang pemahaman siswa diperoleh hasil rata-rata yaitu 35,87 % yang berarti Tidak Baik. Sedangkan besarnya pengaruh kompetensi professional guru PAI dalam menguasai materi pembelajaran terhadap pemahaman siswa rXY = 0,54 dalam kategori Cukup Kuat, sedang besar sumbangan atau kontribusi kompetensi professional guru PAI dalam menguasai materi pembelajaran terhadap pemahaman siswa yaitu KP = 29,16 % dan sisanya 70,84 % ditentukan oleh variabel lain terbukti bahwa t hitung lebih besar dari t tabel atau 5,34 1,980 maka H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 07:28 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 07:21 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1095 |
Actions (login required)
View Item |