NUR AKHDIYAH FAJARWATI, (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE RESITASI PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
NUR AKHDIYAH FAJARWATI_58410419__OK.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
NUR AKHDIYAH FAJARWATI (58410419):Upaya Guru Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Resitasi Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SiswaKelas VIII Di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes. Tujuan dalam proses belajar mengajar berfungsi sebagai indicator keberhasilan pengajaran. Dalam usaha mencapai tujuan tersebut, yang berperan penting adalah minat siswa. Proses belajar mengajar akan efektif apabila timbul minat yang besar dari siswa itu sendiri. Minat tersebut timbul dari diri siswa itu sendiri. Minat tersebut juga akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini merupakan tugas guru sebagai motivator. Guru berusaha untuk memberi motivasi sehingga siswa memiliki minat yang tinggi dan memiliki perhatian yang tinggi terhadap mata pelajaran tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1).Untuk memperoleh data tentang upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui metode resitasi kelas VIII di SMP N 1 Ketanggungan, 2) untuk memeperoleh data tentang prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran pandidikan agama islam, 3) untuk memperoleh data tentang hubungan antara upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui metode resitasi dengan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP N 1 Ketanggungan. Proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa mempunyai motivasi dalam belajar. Oleh sebab itu, guru perlu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Guru dituntut kreatif membangkitkan motivasi belajar siswa. Salah satu caranya yaitu membangkitkan minat siswa.. Minat mempengaruhi proses hasil belajar yang juga berpengaruh terhadap motivasi. Kalau seseorang tidak berminat untuk mempelajari sesuatu, dia tidak dapat diharapkan akan berhasil dengan baik dalam mempelajari hal tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, angket dan studi dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus, prosentase dan korelasi product moment. Hasil dari penelitian diketahui bahwa upaya guru dalam meningkatkan minat belajar melalui metode resitasi dinyatakan baik hal ini dilihat dengan rata-rata prosentase 85,07%.Sedangkan untuk prestasi belajar yang dicapai pada mata pelajaran pendidikan agama islam. termasuk dalam kategori sangat baik dengan Mean 80,51 diatas criteria ketuntasan minimal. Antara keduanya terdapat pengaruh,termasuk dalam kategori cukup dengan r hirung 0,42.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 21 Mar 2017 01:03 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 07:32 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1101 |
Actions (login required)
View Item |