NURIAH, (2012) KOMPETENSI PAEDAGOGIS GURU BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIAH (MTs) NEGERI CILEDUG KECAMATAN PABUARAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
NURIAH_07410104__OK.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
NURIAH: Kompetensi Peadagogis Guru Bidang Studi Aqidah Akhlak Hubungannya dengan Perilaku Keagamaan Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Ciledug Kecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon Tujuan pembelajaran Aqidah Akhlak yaitu untuk membentuk peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur (berakhlak mulia), memiliki pengetahuan tentang ajaran pokok Agama Islam, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, mendorong peserta didik yang kritis, kreatif, inovatif, dan disiplin serta memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam, sehingga memadai baik untuk kehidupan akan sosial maupun untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Tetapi pada kenyataannya siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Ciledug Kecamatan Pabuaran masih ada yang melakukan perbuatan yang bertentangan dengan ajaran Agama Islam seperti berbohong dan suka berkata kasar. Berdasarkan latar belakang tersebut, terdapat kesenjangan antara tujuan Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan perilaku siswa. Apakah ada korelasi antara Kompetensi Paedagogis Guru dengan perilaku keagamaan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Ciledug. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh kejelasan tentang kompetensi peadagogis guru Aqidah Akhlak, perilaku keagamaan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Ciledug dan hubungan Kompetensi Paedagogis Guru Bidang Studi Aqidah Akhlak dengan perilaku keagamaan Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Ciledug. Pembelajaran Aqidah Akhlak sangat erat untuk menentukan hasil belajar dengan membawa perubahan yang sesuai dengan pendidikan karena mendorong siswa untuk melakukan hal yang lebih baik, dengan adanya kompetensi guru dalam proses pembelajaran tentu akan membantu siswa dalam mengubah sikap atau perilaku baik dalam lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Ciledug, sehingga data yang terkumpul dapat saling melengkapi. Dari analisa diatas dapat disimpulkan bahwa kompetensi paedagogis Guru Bidang Studi Aqidah Akhlak dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak tergolong dalam kategori baik sekali dengan nilai rata-rata (0,96). Dan akhlak siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Ciledug tergolong cukup dengan nilai rata-rata (0,40). Sedangkan hubungan antara kompetensi guru Aqidah Akhlak dengan perilaku/ akhlak siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Ciledug tergolong dalam kinerja cukup dengan nilai rata-rata (0,28).
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 21 Mar 2017 01:11 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 07:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1103 |
Actions (login required)
View Item |