LAILA AYUSI SARI, ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TEKS EKSPOSISI KARYA SISWA KELAS X MAN 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1808110008_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1808110008_2_bab1.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
1808110008_6_bab5.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
1808110008_7_dafpus.pdf Download (309kB) | Preview |
Abstract
Laila Ayusi Sari, 2022. Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas X MAN 1 Kota Cirebon. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd., Pembimbing (2) Dr. Emah Khuzaemah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa pada bidang ejaan dalam teks eksposisi siswa kelas X di MAN 1 Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian penelitian berupa teks eksposisi siswa kelas X di MAN 1 Kota Cirebon. Instrumen penelitian menggunakan kartu data, angket, wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa pada bidang ejaan yang terdapat pada teks eksposisi siswa kelas X di MAN 1 Kota Cirebon meliputi kesalahan penulisan huruf terdapat 223 dibagi ke dalam kesalahan huruf kapital sebanyak 197 dan huruf miring sebanyak 26. Pada penulisan kata terdapat 145 kesalahan meliputi kesalahan kata berimbuhan sebanyak 26, kata ulang sebanyak 5 kesalahan, gabungan kata sebanyak 8 kesalahan, kata ganti terdapat 1 kesalahan, kata depan sebanyak 34 kesalahan, partikel terdapat 1 kesalahan, singkatan sebanyak 51 kesalahan, akronim terdapat 4 kesalahan, kata tidak baku sebanyak 7 kesalahan. Dan pada tanda baca terdapat 54 kesalahan meliputi tanda titik sebanyak 31 kesalahan, tanda koma ditemukan 4 kesalahan, tanda titik dua terdapat 1 kesalahan, tanda hubung sebanyak 18 kesalahan. Serta pada kesalahan unsur serapan terdapat 3 kesalahan. Pada pembentukan kata ditemukan dua kesalahan pada kata dipengarui dan ngadain. Kemudian ditemukan faktor-faktor penyebab kesalahan berbahasa dari hasil angket berjumlah 15 pertanyaan yang diberikan kepada siswa, dan wawancara dilakukan kepada guru Bahasa Indonesia. Dapat diketahui bahwa siswa tidak mengetahui EYD/PUEBI, tercampurnya bahasa gaul, siswa cepat bosan dalam menulis, guru kurang memahami ejaan dengan baik, pembelajaran di sekolah yang kurang efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 06:53 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 01:34 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11039 |
Actions (login required)
View Item |