KUALIFIKASI GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK AL-KARIMAH MURID MENURUT AL-GHAZALI

Ramadhany Fadhly, (2012) KUALIFIKASI GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK AL-KARIMAH MURID MENURUT AL-GHAZALI. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RAMADHANY FADHLY_06410755__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ramadhany Fadhly, NIM: 06410755: Kualifikasi Guru dalam Pembinaan Akhlak al-Karimah Murid Menurut al-Ghazali. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas Untuk itu, upaya awal yang dilakukan dalam peningkatan mutu pendidikan adalah kualitas guru. Kualifikasi pendidikan guru sesuai dengan prasyarat minimal yang ditentukan oleh syarat-syarat seorang guru yang professional. Akan tetapi melihat realita lain yang ada, keberadaan guru profesional sangat jauh dari apa yang dicita-citakan. Menjamurnya sekolah-sekolah yang rendah mutunya memberikan suatu isyarat bahwa guru profesional hanyalah sebuah wacana yang belum terealisasi secara merata dalam seluruh pendidikan yang ada di Indonesia. Hal itu menimbulkan suatu keprihatinan yang tidak hanya datang dari kalangan akademisi, akan tetapi orang awam sekalipun ikut mengomentari pendidikan dan tenaga pengajar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualifikasi Guru Dalam Pembinaan Akhlak al-Karimah Murid Menurut al-Ghazali. Permasalahan penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa peran dan kinerja guru menjadi salah satu sorotan atas beberapa permasalahan di atas mengingat guru sendiri adalah jiwa bagi proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan. Seiring dengan perubahan tatanan birokrasi yang ada seolah mencuatkan kembali berbagai gugatan terhadap dunia pendidikan nasional. revitalisasi peran sentral guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan kembali menjadi sorotan seiring merosotnya kualitas pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan teknik yang digunakannya adalah studi literature atau kepustakaan serta menganalisis konsep pendidikan Al-ghazali dengan berbagai referensinya menggunakan data primer dan dilengkapi dengan buku-buku pendidikan juga buku-buku lainnya yang relevan dengan masalah yang diamati dan diteliti sebagai data sekunder, kemudian setelah data-data terkumpul diolah dan dianalisis berdasarkan kepada tiga prosedur yakni pemrosesan, kategorisasi dan pengkajian data. Berdasarkan analisis Kualifikasi Guru dalam Pembinaan Akhlak al- Karimah Murid Menurut al-Ghazali. Dapat diambil kesimpulan bahwa kualifikasi guru adalah kemampuan atau prestasi khusus yang dimiliki oleh seorang pendidik dalam lembaga pendidikan untuk tercapainya tujuan pendidikan. Oleh karena itu Al-Ghazali memberikan ketentuan bahwa seorang pendidik itu adalah orang yang cerdas dan sempurna akalnya, juga yang baik akhlaknya dan kuat fisiknya. DAFTAR

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:24
Last Modified: 07 Jun 2017 01:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1105

Actions (login required)

View Item View Item