SIKAP BERAHASA PERANGKAT DESA TERHADAP BAHASA INDONESIA (STUDI KASUS DI KANTOR PEMERINTAHAN DESA SEDONGLOR KECAMATAN SEDONG KABUPATEN CIREBON)

SITI ROPIAH AL ADAWIAH, (2023) SIKAP BERAHASA PERANGKAT DESA TERHADAP BAHASA INDONESIA (STUDI KASUS DI KANTOR PEMERINTAHAN DESA SEDONGLOR KECAMATAN SEDONG KABUPATEN CIREBON). Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808110057_1_cover.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110057_2_bab1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110057_6_bab5.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110057_7_dafpus.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Siti Ropiah Al Adawiah. 2023. Sikap Berbahasa Perangkat Desa terhadap Bahasa Indonesia (Studi Kasus di Kantor Pemerintahan Desa Sedonglor Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon). SKRIPSI. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Itaristanti, S.S., MA., Pembimbing (2) Dr. Indrya Mulyaningsih, M.Pd. Penelitian ini membahas tentang Sikap Berbahasa Perangkat Desa terhadap Bahasa Indonesia (Studi Kasus di Kantor Pemerintahan Desa Sedonglor Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon). Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan sikap kesetiaan, kebanggaan dan kesadaran akan adanya norma terhadap bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah perangkat desa Sedonglor sebanyak 12 orang. Berdasarkan tujuan tersebut maka jenis pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, menggunakan metode simak, observasi, angket dan wawancara. Penelitian kualitatif biasanya mencakup informasi mengenai kejadian pokok yang ditemukan dalam penelitian, peserta penelitian, dan lokasi penelitian. Penelitian kualitatif merupakan penelitian bersifat deskriptif menggunakan analisis.Penelitian deskriptif sendiri untuk mengumpulkan suatu informasi secara terperinci mengenai mengidentifikasi masalah atau memeriksa kondisi, membuat suatu perbandingan atau evaluasi yang berlaku. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat desa memiliki sikap berbahasa yang baik terhadap bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan sikap bangga menggunakan bahasa Indonesia. Begitu juga dengan pemahaman kaidah bahasa Indonesia yang baik pula. Adapun faktor yang menyebabkan kecenderungan sikap bahasa tersebut adalah: (1) perangkat desa menyadari pentingnya peran bahasa Indonesia di ruang publik, dan (2) perangkat desa menyadari bahwa bahasa Indonesia berfungsi sebagai identitas nasional.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:27
Last Modified: 07 Jul 2023 01:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11055

Actions (login required)

View Item View Item