SITI KHAIRIYAH, (2012) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN HASIL-HASILNYABAGI KELANCARAN BACA TULIS AL-QUR’ANSISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH ( MTs ) NEGERI KARANGSEMBUNG KECAMATAN KARANGSEMBUNG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
SITI KHAIRIYAH_07410032__OK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
SITI KHAIRIYAH : UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN HASILHASILNYA BAGI KELANCARAN BACA TULIS ALQUR’AN SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH ( MTs ) NEGERI KARANGSEMBUNG KECAMATAN KARANGSEMBUNG KABUPATEN CIREBON. Pembinaan baca tulis Al-Qur‟an merupakan wadah untuk menyelesaikan kesulitan belajar siswa atau yang berhubungan dengan masalah siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur‟an. Seperti di Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Negeri Karangsembung. Diadakan pembinaan baca tulis Al-Qur‟an terutama dilakukan oleh guru Al-Qur‟an hadits. Jadi, masalahnya adalah dengan upaya guru dalam pembinaan baca tulis Al-Qur‟an dapat memberi pengaruh terhadap kelancaran baca tulis Al- Qur‟an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang proses pembinaan baca tulis Al-Qur‟an siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Negeri Karangsembung, untuk memperoleh data tentang tingkat fasohah dalam membaca Al-Qur‟an siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Negeri Karangsembung dan untuk memperoleh data tentang pendukung dan penghambat pembinaan baca tulis Al-Qur‟an Madrasah Tsanawiyah Negeri Karangsembung Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon. Kerangka pemikirannya, yaitu bahwa membaca dan menulis Al-Qur‟an tidak sama dengan membaca kitab yang lainnya. Didalam pengajaran baca tulis Al-Qur‟an yang terpenting adalah keterampilan membaca dan menulis ayat Al-Qur‟an dengan baik sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Metodelogi penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket. Dalam menganalisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan perhitungan prosentase. Kesimpulan dari hasil penelitian lapangan adalah proses pembinaan baca tulis Al-Qur‟an yaitu guru memperhatikan kesulitan siswa, memberikan kesempatan siswa untuk bertanya, memanggil, memberi nasehat, memberi tugas, mengevaluasi, membimbing, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mengadakan ekstra kurikuler. Tingkat fashohah siswa yaitu siswa lancar membaca dan menulis Al- Qur‟an, fasih membaca huruf hijaiyah dan ayat Al-Qur‟an, hafal surat pendek dan ayat pilihan. Faktor pendukung dan penghambat pembinaan baca tulis Al-Qur‟an diantaranya faktor internal dan eksternal dari siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 21 Mar 2017 01:39 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1110 |
Actions (login required)
View Item |