PERPUSTAKAAN SEBAGAI MEDIA LITERASI DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA MASYARAKAT (STUDI KASUS MANAJEMEN PERPUSTAKAAN JALANAN TAMANMILENIAL KARAWANG)

SAMSUL FALAH, (2022) PERPUSTAKAAN SEBAGAI MEDIA LITERASI DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA MASYARAKAT (STUDI KASUS MANAJEMEN PERPUSTAKAAN JALANAN TAMANMILENIAL KARAWANG). Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808109086_1_cover.pdf

Download (990kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109086_2_bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109086_6_bab5.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109086_7_dafpus.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Samsul Falah : Perpustakaan Jalanan sebagai Media literasi Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat (Studi Kasus Manajemen Perpustakaan Jalanan Taman Milenial Karawang) Perpustakaan jalanan sendiri sering juga diasosiasikan dengan perpustakaan masyarakat, perpustakaan jalanan diciptakan untuk meningkatkan minat baca dan memenuhi kebutuhan informasi dalam menjalankan konsep yang mendekatkan buku dengan masyarakat. Dalam praktiknya perjalanan perpustakaan jalanan tak selalu berjalan lancar sesuai harapan. Sehingga perpustakaan jalanan tak mampu sepenuhnya berkontribusi terhadap perkembangan minat baca bagi masyarakat. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kurang matangnya sebuah konsep Manajemen yang diterapkan di dalam perpustakaan jalanan itu sendiri. Tujuan penelitian untuk mengetahui perpustakaan jalanan taman Milenial Karawang sebagai media literasi dalam menumbuhkan minat baca masyarakt. Metode penelitian ini berjenis kualitatatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian sejarah atau latar belakang perpustakaan jalanan ini meliputi visi misi dan tujuan sebagai gambaran mental atau ci-cita yang telah di pikirkan, koleksi bacaan sebagai pemenuhan referensi para pengunjung, struktural pengelola untuk memperkuat praktisinya. Pada pelayanan memuat peminjaman koleksi, referensi buku dan layanan kelas menulis, itu semua dilakukan untuk memenuhi segala informasi pengunjung. Pada faktor-faktor yang menjadi hambatan seperti, anggaran dana, sarana dan prasarana serta sumber daya manusia. Adapun yang menjadi faktor dukungan berupa loyalitas anggota, lokasi yang strategis serta sumbangsih para donatur. Serta bedah buku, apresiasi karya dan pemberian reward sebagai pemanfaatan perpustakaan jalanan terhadap minat baca masyarkat. Kata Kunci : Perpustakaan Jalanan, Minat Baca

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:23
Last Modified: 07 Jul 2023 06:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11195

Actions (login required)

View Item View Item