RIZA NURUL AWALI, (2023) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMPN 2 MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1908109137_1_cover.pdf Download (794kB) | Preview |
|
|
Text
1908109137_2_bab1.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
1908109137_6_bab5.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
1908109137_7_dafpus.pdf Download (317kB) | Preview |
Abstract
RIZA NURUL AWALI: Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMPN 2 Majalengka Di era globalisasi seperti sekarang ini pelaksanaan pendidikan diarahkan untuk mengimbangi perubahan, perkembangan dan kebutuhan zaman. Diantaranya harus terdapat pendidik yang profesional tidak hanya dituntut untuk menguasai bidang ilmu, bahan ajar, metode pembelajaran, memotivasi peserta didik, memiliki keterampilan tinggi dan wawasan yang luas terhadap dunia pendidikan. Dalam hal ini kegiatan supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran demi pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan demikian secara esensi supervisi akademik itu sama sekali bukan menilai kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pandorong dan penghambat terciptanya peningkatan mutu pembelajaran yang baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi mendalam dan dokumentasi. Penelitian melakukan analisis menggunakan beberapa tahapan yakni: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) Proses implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 2 Majalengka meliputi perencanaan, pengawasan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Kondisi mutu pembelajaran di SMPN 2 Majalengka bisa dibilang sudah cukup baik dilihat dari segi kualitas dan prestasi sekolah tersebut. (3) Faktor-faktor pendorong dan penghambat mutu pembelajaran yaitu; SDM yang berkompeten sehingga kesesuaian bahan ajar akan meningkatkan mutu pembelajaran, serta penghambat mutu pembelajaran yaitu dari siswa itu sendiri yang kurang aktif Kata Kunci : Supervisi Akademik, Mutu Pembelajaran, Kepala Sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 07:01 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 07:01 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11217 |
Actions (login required)
View Item |