IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMPN 2 MAJALENGKA

RIZA NURUL AWALI, (2023) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMPN 2 MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109137_1_cover.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109137_2_bab1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109137_6_bab5.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109137_7_dafpus.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

RIZA NURUL AWALI: Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMPN 2 Majalengka Di era globalisasi seperti sekarang ini pelaksanaan pendidikan diarahkan untuk mengimbangi perubahan, perkembangan dan kebutuhan zaman. Diantaranya harus terdapat pendidik yang profesional tidak hanya dituntut untuk menguasai bidang ilmu, bahan ajar, metode pembelajaran, memotivasi peserta didik, memiliki keterampilan tinggi dan wawasan yang luas terhadap dunia pendidikan. Dalam hal ini kegiatan supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran demi pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan demikian secara esensi supervisi akademik itu sama sekali bukan menilai kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pandorong dan penghambat terciptanya peningkatan mutu pembelajaran yang baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi mendalam dan dokumentasi. Penelitian melakukan analisis menggunakan beberapa tahapan yakni: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) Proses implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 2 Majalengka meliputi perencanaan, pengawasan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Kondisi mutu pembelajaran di SMPN 2 Majalengka bisa dibilang sudah cukup baik dilihat dari segi kualitas dan prestasi sekolah tersebut. (3) Faktor-faktor pendorong dan penghambat mutu pembelajaran yaitu; SDM yang berkompeten sehingga kesesuaian bahan ajar akan meningkatkan mutu pembelajaran, serta penghambat mutu pembelajaran yaitu dari siswa itu sendiri yang kurang aktif Kata Kunci : Supervisi Akademik, Mutu Pembelajaran, Kepala Sekolah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:01
Last Modified: 07 Jul 2023 07:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11217

Actions (login required)

View Item View Item