PENGARUH PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYYAH BABADAN JAPURA BAKTI KABUPATEN CIREBON

DWI YULIANTICA, (2023) PENGARUH PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYYAH BABADAN JAPURA BAKTI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109058_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109058_2_bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109058_6_bab5.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109058_7_dafpus.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Dwi Yuliantica : Pengaruh Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyyah Babadan Japura Bakti Kabupaten Cirebon MI Wathoniyyah Japura Bakti merupakan lembaga pendidikan yang masih eksis sampai saat ini sejak berdirinya tahun 1942. Di indonesia lembaga-lembaga pendidikan khususnya di Kabupaten Cirebon, Sehingga mengakibatkan persaingan yang sangat ketat antar lembaga-lembaga pendidikan. Dalam pengelolaan/pemanfaatan dana BOS masih terdapat beberapa kendala dan masalah pada lembaga pendidikan di MI Wathoniyyah Babadan Japura Bakti, seperti sekolah masih merasakan pengelolan dana BOS yang belum efektif dan efesien, pendapatan dana BOS yang masih belum maksimal, dan kinerja guru yang belum maksimal menyebabkan prestasi siswa tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengelolaan dana BOS, mengetahui prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh dana BOS terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel jenuh sebanyak 91 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Pengelolaan dana BOS termasuk dalam kategori yang baik dengan rata-rata 75%. 2) Prestasi belajar termasuk dalam kategori yang cukup baik dengan rata-rata 60%. 3) Terdapat pengaruh yang positif antara variabel X yaitu pemberian dana BOS terhadap variabel Y prestasi belajar siswa dengan menguji hipotesis yang diajukan diterima atau ditolak dengan melihat signifikansi adalah Sig. yakni sebesar 0,003. Karena nilai signifikansi lebih kecil dibanding taraf signifikan (0,005) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Pengelolaan, Dana BOS, Prestasi Belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:17
Last Modified: 07 Jul 2023 07:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11229

Actions (login required)

View Item View Item