MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SABILUL HUDA KOTA CIREBON DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM PESERTA DIDIK

AMAR QULBII, (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SABILUL HUDA KOTA CIREBON DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM PESERTA DIDIK. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109078_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109078_2_bab1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109078_6_bab5.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109078_7_dafpus.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

AMAR QULBII : MANAJEMEN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SABILUL HUDA KOTA CIREBON DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM PESERTA DIDIK Skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya pendidikan keagamaan sebagai bentuk kepribadian muslim pada siswa. Kurangnya peran guru dalam pembentukan kepribadian siswa, kurangnya kepekaan lingkungan sekitar terhadap pembentukan kepribadian peserta didik. Serta kurangnya minat siswa dalam kegiatan sekolah yang berhubungan dengan keagamaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, Subjek penelitian dari penelitian ini terdiri dari satu kepala sekolah, satu wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, tiga wali kelas dan enam siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pada SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon sistem manajemen sekolah tersebut sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari beberapa indikator manajemen sekolah dasar yang didapatkan berdasarkan hasil wawancara pada efektivitas proses pembelajaran. Pembiasaan tersebut dengan melakukan kegiatan rutin yang telah diterapkan pada sekolah tersebut yaitu Bina Pribadi Islam. Di sekolah SDIT Sabilul Huda tersebut rutin melakukan tersebut, dimulai dari membiasakan siswanya dalam melaksanakan shalat 5 waktu sampai membiasakan muroja’ah Al-Qur’an. Implikasinya mengenai telah dilakukan dalam manajemen pendidikkan dasar di SDIT Sabilul Huda dalam pembentukan kepribadian muslim peserta didik hendaknya selalu ditingkatkan secara lebih maksimal, agar dalam pembentukan kepribadian muslim siswa tercapai dan terwujud dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Manajemen Sekolah Dasar, Kepribadian Muslim dan Peserta Didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:03
Last Modified: 07 Jul 2023 08:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11246

Actions (login required)

View Item View Item