Nadya El Pamenang, (2022) IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI DI PAUD TUNAS HARAPAN KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL IAIN SYEKH NUR JATI CIREBON.
|
Text
1808108050_2_bab1.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
1808108050_3_bab2.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
1808108050_6_bab5.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
1808108050_7_dafpus.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
Nadya El Pamenang (1808108050) Implementasi Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Bahasa Ekspreif Anak Usia Dini Di PAUD Tunas Harapan Kabupaten Indramayu. Perkembangan bahasa sebagai alat komunikasi yang dapat memudahkan orang lain dalam memahami sehingga diperlukan upaya pemberian stimulasi terhadap anak baik dilingkungan sekolah ataupun keluarga. Hal ini memerlukan alat bantu bagi anak yang lambat dalam perkembangan bahasa sehingga media audio visual menjadi salah satu upaya dalam memudahkan pemberian stimulasi perkembangan bahasa, karena memiliki dampak yang sangat besar dalam meningkatkan bahasa anak terutama ekspresif. Dengan demikian penelitian ini ingin mengetahui bagaimana meningkatnya kondisi bahasa ekspresif anak pada saat menggunakan media audio visual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi bahasa ekspresif anak usia dini di PAUD Tunas Harapan dan mengetahui penerapan media audio visual dalam meningkatkan bahasa ekspresif anak. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan orang tua murid serta seluruh siswa PAUD Tunas Harapan Indramayu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan, dan dialnjutkan dengan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi bahasa anak di PUAD Tunas Harapan meningkat terutama saat menggunakan media audio vsiual karena media audio visual sebagai alat bantu dalam meningkatkan bahasa ekspresif anak di PAUD Tunas Harapan. Sehingga mempermudah anak dalam berbahasa baik dengan komunikasi, memahami, penambahan kosa kata, dan lain-lain. Semua itu tidak terlepas dari peran guru dalam memberikan stimulasi terutama mengelolah media pembelajaran dengan baik. Kata Kunci: Kondisi, Bahasa Ekspresif, Media Audio Visual
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:03 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 02:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11265 |
Actions (login required)
View Item |