DEDE MAJREHA DJOHARUDDIN, (2022) KOMPETENSI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH TUNAS CENDEKIA BABAKAN CIWARINGIN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1808101228_2_bab1.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
1808101228_3_bab2.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
1808101228_5_bab4.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
1808101228_7_dafpus.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat di kedepankan oleh negara. Untuk mewujudkan pendidikan yang baik, diperlukan adanya tenaga pendidik yang baik. Tenaga pendidik yang baik dan profesional akan memberikan efek baik terhadap persepsi siswa dan motivasi belajar siswa. Untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, tenaga pendidik haruslah memiliki kompetensi keguruan yang akan mendukung pembelajaran. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah : 1. Mengetahui kompetensi guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Tunas Cendekia Babakan Ciwaringin Cirebon.. 2. Mengetahui motivasi belajar siswa MA Tunas Cendekia 3. Mengetahui faktor penghambat dan pendukung kompetensi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Tunas Cendekia Babakan Ciwaringin Cirebon. Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa pendidikan adalah sesuatu yang penting bagi setiap orang. Mengingat pentingnya pendidikan, penting juga untuk mengadakan pendidikan yang berkualitas dan bermutu. Untuk itu harus ada tenaga pendidik yang berkompeten. Dengan adanya tenga pendidik yang berkualitas, akan membangun motivasi siswa untuk belajar dan menimba ilmu di sekolah. Namun, pada kenyataan di lapangan banyak sekali tenaga pendidik yang sudah memiliki gelar sebagai pendidik namun tidak berkompeten dalam mengajar. Bahkan, bisa dikatakan bahwa guru tersebut tidak berkompeten sebagai guru. Dengan hadirnya guru yang tidak berkompeten, akan menyebabkan siswa tidak memiliki motivasi dalam belajar yang juga akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data sebagai berikut : 1. Observasi 2. Wawancara mendalam dan 3. Tinjauan dokumentasi Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1. guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Tunas Cendekia tidak mengaplikasikan kompetensi sosial dan kompetensi profesional melainkan hanya mengaplikasikan kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian. Hal ini bisa dilihat ketika dalam proses pembelajaran guru tersebut tidak terlalu leluasa dalam berinteraksi dengan muridnya dan juga guru tersebut tidak bisa mengembangkan materi yang ada dibuku dan hanya menjelaskan apa yang tertulis dibuku. Jadi dapat dikatakan bahwa guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Tunas Cendekia belum sepenuhnya menguasai kompetensi guru.. 2. Meneliti motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Tunas Cendekia Setelah diteliti ternyata berada dalam kategori cukup tinggi. Artinya di Madrasah Aliyah Tunas Cendekia, motivasi belajar siswa masih cukup tinggi 3. Faktor penghambat kompetensi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Tunas Cendekia. berasal dari guru Akidah Akhlak yang kurang menguasai kompetensi guru, lebih tepatnya kompetensi sosial dan profesionalnya. Faktor pendukung kompetensi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Tunas Cendekia. adalah berdasarkan kemampuan guru Akidah Akhlak tersebut dalam mengelola kelas atau dalam segi kompetensi pedagogiknya dan juga berdasarkan kompetensi kepribadiannya, yang dimana kepribadian guru Akidah Akhlak ini sangatlah baik untuk menjadi tauladan siswa. Kata kunci : Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, Siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:30 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 06:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11306 |
Actions (login required)
View Item |