PENERAPAN METODE MIND MAPPING DAN METODE WINDOW SHOPPING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 LELEA KABUPATEN INDRAMAYU KELAS IX

DEDE WAHYUDIN ALFAEDI, (2022) PENERAPAN METODE MIND MAPPING DAN METODE WINDOW SHOPPING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 LELEA KABUPATEN INDRAMAYU KELAS IX. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808101283_2_bab1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101283_3_bab2.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101283_6_bab5.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101283_7_dafpus.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Pada masa pandemi, metode pembelajaran berubah-ubah dari pembelajaran secara langsung atau tatap muka, metode pembelajaran berubah menjadi pembelajaran online. Pada kegiatan belajar mengajar, agar semangat dan minat siswa untuk belajar diperlukan adanya penerapan suatu metode pembelajaran, dan juga guru harus memberikan motivasi. Tujuan penelitian ini menjelaskan tentang Penerapan metode mind mapping dan metode window shopping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas IX SMPN 1 Lelea Kabupaten Indramayu. Metode pembelajaran mind mapping merupakan alat bantu visual dalam teknik pembelajaran untuk menyampaikan materi menggunakan pemetaan pikiran dan terkonsep sehingga sangat cocok digunakan untuk membantu siswa mempermudah untuk mengikuti kegiatan belajar. Metode pembelajaran window shopping merupakan Metode pembelajaran yang mengedepankan kerja sama, sehingga siswa dituntut untuk aktif dalam melaksanakan kegiatan belajar. Motivasi belajar bagi siswa memiliki pengaruh yang kuat terhadap keberhasilan proses ataupun hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan jenis metode penelitian kualitatif, dimana penelitian ini bersifat deskriptif dan cenderung bersifat analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan wawancara dengan beberapa pihak terkait seperti Kepala sekolah dan dewan guru mata pelajaran PAI SMPN 1 Lelea Kabupaten Indramayu Hasil penelitian ini diantaranya adalah penerapan metode mind mapping dan metode window shopping di kelas IX SMPN 1 Lelea Kabupaten Indramayu dapat dikatakan sangat efektif untuk digunakan pada saat belajar PAI karena untuk menambah motivasi semangat belajar siswa. Motivasi belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Lelea Kabupaten Indramayu dapat dikatakan cukup baik karena pada saat proses belajar, karena dengan menerapkan metode metode mind mapping dan metode window shopping. Faktor pendukung: siswa yang sangat antusias untuk mengikuti belajar, kinerja seorang guru atau guru profesionalis, sarana dan prasarana yang mendukung atau memadai. Faktor Penghambatnya diantaranya: konsentrasi siswa yang kurang, sumber belajar yang tidak lengkap, waktu belajar yang singkat, dan kreativitas siswa yang kurang. Kata Kunci : Mind mapping, Window shopping, Motivasi belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:43
Last Modified: 13 Nov 2023 06:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11311

Actions (login required)

View Item View Item