PENERAPAN METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA MTs AN NAHDLIYAH PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON

SAIROH, (2022) PENERAPAN METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA MTs AN NAHDLIYAH PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808101281_2_bab1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101281_3_bab2.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101281_6_bab5.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101281_7_dafpus.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Sairoh (1808101281): Penerapan Metode Ceramah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa MTs An Nahdliyah Panguragan Kabupaten Cirebon Adanya pemilihan metode mengajar dalam penyampaian ilmu pengetahuan kepada siswa sangat diperlukan demi tercapainya tujuan sebuah pembelajaran. Salah satunya penerapan metode ceramah yang dilaksanakan di MTs An Nahdliyah Panguragan. Namun, kurangmendapatkan fokus dari para siswa menjadi faktor utama dalam permasalahan ini. Oleh karena itu guru Sejarah Kebudayaan Islam sebagai seseorang yang memberikan pelajaran memiliki tanggung jawab untuk senantiasa kreatif dalam melaksanakan penerapan metode ceramah serta mengupayakan untuk dapat memperoleh hasil yang memuaskan. Penerapan adalah suatu perbuatan mempraktekan suatu teori, metode, dan hal lain untuk mencapai tujuan tertentu dan untuk suatu kepentingan yang diinginkan maka ia sedang menjalankan sebuah penerapan. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan motivasi dapat dilihat dari indikator motivasi belajar yaitu: hasrat dan keinginan berhasil, kebutuhan, harapan, penghargaan dalam belajar, kegiatan yang menarik, serta lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan penerapan metode ceramah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, pengaruh metode ceramah dalam meningkatkan motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode ceramah di MTs An Nahdliyah Panguragan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber datanya primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya mengunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh ialah: Pertama, penerapan metode ceramah dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa MTs An Nahdliyah Panguragan Kabupaten Cirebon yaitu dengan cara guru membagikan buku paket kepada siswa, menjelaskan materi dengan cara lisan, memberikan contoh kepada siswa serta memberikan kesempatan siswa bertanya. Kedua, terdapat pengaruh metode ceramah terhadap motivasi belajar pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTs An Nahdliyah Panguragan dengan data interpretasi menunjukkan nilai rxy =0,1839 > rtabel = 0,1786 pada taraf signifikansi α 5%. Ketiga, hasil belajar siswa MTs An Nahdliyah Panguragan dengan 86 responden yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di MTs An Nahdliyah Panguragan dalam kategori tinggi dengan frekuensi sebanyak 7 orang dengan presentase 8,3%, kategori sedang sebanyak 60 orang dengan presentase 69,7%, kategori rendah sebanyak 19 orang dengan presentase 22,0%. Dengan demikian disimpulkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MTs An Nahdliyah Panguragan dalam kategori sedang dengan nilai antara 52 – 86 terdapat 60 responden atau 69,7%. Kata Kunci: Metode Ceramah, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:19
Last Modified: 26 Nov 2023 13:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11318

Actions (login required)

View Item View Item