“EFEKTIVITAS METODE MURAJA’AH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN RIYADHUSSHOLIHIN DESA MERTAPADA KULON KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON”

ATIQ SYAUQIYATUN NAZIHATUDIN, (2022) “EFEKTIVITAS METODE MURAJA’AH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN RIYADHUSSHOLIHIN DESA MERTAPADA KULON KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON”. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1708101151_2_bab1.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708101151_3_bab2.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708101151_6_bab5.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708101151_7_dafpus.pdf

Download (517kB) | Preview

Abstract

ATIQ SYAUQIYATUN NAZIHATUDIN : 1708101151 EFEKTIVITAS METODE MURAJA’AH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL�QUR’AN SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN RIYADHUSSHOLIHIN DESA MERTAPADA KULON KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON Banyaknya para penghafal Al-Qur’an dan banyaknya Pondok Pesantren yang berada di Indonesia yang membuka program hafalan Al-Qur’an. Dalam menghafal Al-Qur’an menjaga hafalan Al-Qur’an adalah sesuatu yang Sangat penting terutama dengan muraja’ah atau mengulang hafalan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan metode muraja’ah dalam peningkatan hafalan santri putri di Pondok Pesantren Riyadhussholihin Desa Mertapada Kulon Astanajapura Cirebon, penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui efektivitas metode muraja’ah, mengetahui penerapan metode muraja’ah dengan disiplin dalam menghafal Al-Qur’an dapat memberikan hasil yang signifikan, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Pondok Pesantren adalah suatu lembaga non-formal yang bhaik dalam menceetak para generasi penghafal Al-Qur’an yang baik dan sukses dan memiliki hafalan yang bagus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang besifat deskriptif, pengambilan data Observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif berupa deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa 1) Pelaksanaan metode muraja’ah di Pondok Pesantren Riyadhussolihin Desa Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon sudah berjalan dengan baik atau efektif. 2) Metode muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an memberikan hasil yang signifikan. 3) Faktor pendukung antara lain kedisiplinan, motivasi, dan mendpatkan apresiasi pengasuh untuk santri yang berprestasi. Faktor penghambat yaitu ayat yang sudah pernah dihafal menjadi lupa kembali, malas, adanya handphone dan capek dan mengaji kitab kuning. Kata kunci : efektivitas, metode muraja’ah dan hafalan Al-Qur’an

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:55
Last Modified: 10 Jul 2023 07:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11323

Actions (login required)

View Item View Item