ROY LAURY, (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH TERHADAP SISWA DI SMK MADANI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1608101126_2_bab1.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
1608101126_3_bab2.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
1608101126_6_bab5.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
1608101126_7_dafpus.pdf Download (331kB) | Preview |
Abstract
ROY LAURY NIM. 1608101126 Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Terhadap Siswa Di SMK Madani Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Guru Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu faktor yang sangat membantu siswa dalam membentuk manusia yang berdisiplin, berpribadi muslim yang bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri, negara dan agamanya. Disamping itu, guru pendidikan agama Islam juga sangat membantu dalam menanamkan sikap disiplin pada peserta didik maka karena aspek moralitas menjiwai perbuatan dan tingkah laku mereka, dengan adanya pembinaan akhlak dan iman akan menjadi lebih mudah dalam menanamkan sikap disiplin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kedisiplinan beribadah terhadap siswa di SMK Madani Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Tujuan selanjutnya untuk mengetahui kedisiplinan siswa di SMK Madani Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Tujuan selanjutnya untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan siswa di SMK Madani Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam SMK Madani Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Berdasarkan hasil penelitian mengatakan bahwasannya peran guru pendidikan agama Islam di SMK Madani Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes diantara perannya adalah sebagai pendidik, Infomator, organisator, motivator, pengarah/Direktor, inisiator, Transmiter, fasilitator, mediator, evaluator, pembimbing, penasehat, pelatih, model atau teladan telah melaksanakan perannya dengan sangat baik. Kedisiplinan beribadah siswa di SMK Madani Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes bisa dikatakan baik, meskipun masih ada beberapa siswa masih kurang disiplin dalam hal melaksanakan ibadah. Adapun faktor pendukungnya yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internalnya yaitu kepedulian dan kesadaran dari siswa itu sendiri untuk melaksanakan sholat atau ibadah sedangkan faktor eksternalnya adalah berasal dari keluarga, teman lingkungan, dan fasilitas. Faktor penghambatnya diantaranya faktor internal yaitu dari diri sendiri, seperti rasa malas, merasa kurang pintar, faktor kesehatan, faktor mental, faktor pemahaman. Sedangkan faktor eksternalnya adalah faktor keluarga, faktor teman, dan faktor lingkungan. Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, dan Kedisiplinan Beribadah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:19 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:19 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11327 |
Actions (login required)
View Item |