PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 TALUN KABUPATEN CIREBON

FAYUZAH, (2023) PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 TALUN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908101121_2_bab1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101121_3_bab2.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101121_6_bab5.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101121_7_dafpus.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Fayuzah : NIM. 1908101121 PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI DI SMP NEGERI 1 TALUN KABUPATEN CIREBON Pembelajaran PAI yang merupakan suatu kegiatan dimana guru melakukan peranan-peranan tertentu agar peserta didik dapat belajar guna mencapai tujuan Pendidikan dalam kepentingan mengetahui bagaimana cara beragama yang benar salah satunya adalah sikap toleransi. Menurut istilah toleransi yaitu bersifat atau bersikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan dan sebaginya) yang berada dan atau yang bertentangan dengan pendirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Talun Kabupaten Cirebon, sikap toleransi di SMP Negeri 1 Talun Kabupaten Cirebon, dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran PAI dalam membangun sikap toleransi di SMP Negeri 1 Talun Kabupaten Cirebon. Penelitian ini berlandaskan pemikiran mengenai pembelajaran PAI yang memiliki komponen-komponen pembelajaran, sikap toleransi dan indikator toleransi, dan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran PAI dalam membangun sikap toleransi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Talun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi waktu, sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Talun dalam membentuk sikap toleransi peserta didik sudah dikatakan baik ditunjukan dengan guru telah membuat perangkat pembelajaran dan guru memasukkan nilai toleransi dalam pembelajaran PAI. (2) Hasil yang telah dicapai dalam pembentukan sikap toleransi peserta didik walaupun masih ada beberapa peserta didik yang belum toleransi, yaitu: menghargai pebedaan, menghormati teman yang berbeda agama, berteman tanpa membedakan agama, tidak mengganggu teman belajar, menghormati hari besar agama lain dan tidak menjelekan ajaran agama lain. (3) adanya faktor pendukung, yaitu: Tersedianya sarana prasarana sebagai penunjang media pengajaran, Adanya kerja sama antara guru bidang lain, dan Adanya program sekolah yang mendukung kegiatan penanaman sikap. Sedangkan faktor penghambat, yaitu: Internal atau dalam diri siswa dan Lingkungan sekitar. Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Sikap Toleransi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:27
Last Modified: 10 Jul 2023 08:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11329

Actions (login required)

View Item View Item