PENGARUH IMPLEMENTASI STANDAR PROSES PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUMBERJAYA KABUPATEN MAJALENGKA

NIDA WAFA NABILAH, (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI STANDAR PROSES PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUMBERJAYA KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908101195_2_bab1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101195_3_bab2.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101195_6_bab5.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101195_7_dafpus.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

NIDA WAFA NABILAH, NIM: 1908101195 “PENGARUH IMPLEMENTASI STANDAR PROSES PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUMBERJAYA KABUPATEN MAJALENGKA” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan capaian nilai siswa sejak 2018 hingga saat ini akibat pandemi. SMP Negeri 1 Sumberjaya Kabupaten Majalengka merupakan salah satu sekolah menengah pertama di Indonesia yang telah menerapkan standar proses pembelajaran untuk memperbaiki hasil belajar siswa pasca pandemi baik oleh guru umum maupun guru pendidikan agama Islam. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh implementasi standar proses pembelajaran guru pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh implementasi standar proses pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi standar proses pembelajaran guru pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah tersebut. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia No. 16/2022: Standar Proses adalah kriteria minimal proses pembelajaran berdasarkan jalur, jenjang, dan jenis pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan sedangkan hasil belajar adalah perubahan kemampuan anak setelah belajar dan dapat diukur melalui penilaian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu: (1) Angket atau Kuisioner, (2) Observasi, (3) Wawancara, (4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi, uji regresi linear sederhana dan uji t. Hasil dari penelitian ini mendapatkan hasil korelasi sebesar 0,513 menandakan korelasi antara variabel implementasi standar proses pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dengan variabel hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki hubungan yang positif serta termasuk kedalam hubungan korelasi sedang karena memiliki nilai pearson correlations 0,41 s/d 0,60. Variabel Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 26,4%, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam maka akan semakin baik pula Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Standar Proses Pembelajaran, Hasil Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:51
Last Modified: 10 Jul 2023 08:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11335

Actions (login required)

View Item View Item