PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KOTA CIREBON

NUR KHOTIMAH, (2023) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808101152_1_cover.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101152_2_bab1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101152_6_bab5.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101152_7_dafpus.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Nur Khotimah : PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHIS 1808101152 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Latar belakang penelitian ini yaitu, ekstrakurikuler Rohis seharusnya bisa menumbuhkan motivasi belajar siswa terutama pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam karena kegiatan-kegiatan Rohis adalah kegiatan yang sangat positif dapat menambah pengetahuan keislaman serta meningkatkan motivasi siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Namun, pada kenyataanya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih sangat minim atau kurang, siswa masih kurang tentang pengetahuan keagamaan dan kemampuan dalam mengaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler Rohis di SMK Negeri 2 Kota Cirebon, mengetahui motivasi belajar siswa yang mengikuti kegiatan Rohis pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Kota Cirebon, mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Rohis terhadap motivasi belajar siswa yang mengikuti Ekstrakurikuler Rohis pada Mata Pelajaran Pendidikan Agam Islam di SMK Negeri 2 Kota cirebon. Rohani Islam (Rohis) berdiri sejak akhir tahun 1980, berawal dari sebuah upaya keinginan untuk memberikan solusi kepada para pelajar muslim untuk menambah wawasan Islam, karena jam pelajaran di sekolah sangat terbatas sehingga Rohis hadir sebagai wadah memperdalam agama Islam. Rohanis Islam (Muhammad Saeful Rohman, 2018:38) Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan “metode penelitian yang menjelaskan fenomena dengan menggunakan data-data numerik, kemudian dianalisis menggunakan statistika. Penggunaan angka dimulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh data, adanya Pengaruh Ekstrakurikuler Rohis terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Kota Cirebon . Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Korelasi PPM (Pearson Product Moment) diperoleh harga 0,795 lebih besar dari 0,274, sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin bagus program Ekskul Rohis dan semakin sering siswa mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Rohis yang diadakan di sekolah diikuti oleh siswa secara aktif, maka semakin baik motivasi belajar nya. Kata kunci : Rohis, Motivasi belajar dan Pendidikan Agama Islam

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:29
Last Modified: 11 Jul 2023 02:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11348

Actions (login required)

View Item View Item