KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN BIMBINGAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) IT PELITA SUBANA DARMA KABUPATEN KUNINGAN

ADI NUGRAHA, (2023) KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN BIMBINGAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) IT PELITA SUBANA DARMA KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1608101044_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608101044_2_bab1.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608101044_6_bab5.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608101044_7_dafpus.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

ADI NUGRAHA NIM. 1608101044 : KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN BIMBINGAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) IT PELITA SUBANA DARMA KABUPATEN KUNINGAN Keteladanan guru Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh besar terhadap bimbingan belajar siswa. Bimbingan belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) IT Pelita Subana Darma masih belum baik. Hal ini terlihat dari kurangnya sikap menghargai antar teman, melanggar peraturan sekolah serta bersikap kurang baik terhadap guru atau orang yang lebih tua. Padahal, mereka memiliki latar belakang yang hampir sama serta mendapatkan pembinaan melalui beberapa kegiatan yang ada di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai: 1) keteladanan guru pendidikan agama Islam, 2) bimbingan belajar siswa dan 3) faktor pendukung dan penghambat bimbingan belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) IT Pelita Subana Darma Kabupaten Kuningan. Keteladanan guru pendidikan agama Islam merupakan perbuatan atau tingkah laku dan tutur kata yang baik seorang guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Bimbingan belajar adalah Serangkaian tindakan atau bantuan yang diberikan oleh seorang yang ahli dibidangnya guna memberikan perubahan kepada individu yang dibimbing agar menjadi insan yang lebih berguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan langkah-langkah sebagai berikut: observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan guru pendidikan agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) IT Pelita Subana Darma dalam meningkatkan bimibingan belajar siswa dilakukan dengan cara guru menunjukkan sikap adil terhadap sesama murid, berlaku sabar, bersifat kasih dan penyayang, mendidik dan membimbing, serta bekerja sama dengan demokratis. Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) IT Pelita Subana Darma sudah memiliki sikap yang baik. Faktor pendukung dalam pembinaan bimbingan belajaran siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) IT Pelita Subana adalah persamaan latar belakang siswa, kegiatan mengaji di madrasah dan orang tua yang kooperatif, sedangkan faktor penghambatnya adalah media pembelajaran yang kurang lengkap, pengaruh buruk teman serta kurangnya pengawasan orang tua. Kata kunci: Keteladanan, guru pendidikan agama Islam dan Bimbingan belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:41
Last Modified: 11 Jul 2023 02:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11354

Actions (login required)

View Item View Item