PEMBERDAYAAN MAJELIS TAKLIM AN-NISAA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL IBU-IBU DESA SEMBAWA KECAMATAN JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN

NISRINA NURFADILAH, (2023) PEMBERDAYAAN MAJELIS TAKLIM AN-NISAA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL IBU-IBU DESA SEMBAWA KECAMATAN JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808101041_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101041_2_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101041_6_bab5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101041_7_dafpus.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

NISRINA NURFADILAH NIM: 1808101041 : PEMBERDAYAAN MAJELIS TAKLIM AN�NISAA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL IBU-IBU DESA SEMBAWA KECAMATAN JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN Membimbing ibu-ibu majelis taklim harus ada bimbingan agama dan pendekatan sosial secara khusus untuk memberikan wawasan pengetahuan tentang keagamaan yang nantinya diharapkan mampu mengatasi hal-hal yang bersifat keduniawian dan juga mampu menanamkan kembali nilai-nilai ajaran agama sesuai dengan perintah Allah subhanahu wa ta'ala dan di sisi lain dari hadirnya Majelis taklim ini diharapkan ibu-ibu dapat lebih meningkatkan pemahamannya bahwa masih ada orang-orang yang membutuhkan uluran tangan di sekitarnya yang harus kita bantu, terutama dari segi kebutuhan sehari-harinya karena itu merupakan bentuk kepedulian sosial terhadap sesama dan akan menumbuhkan kepekaan sosial bahwa masih ada orang-orang yang menunggu bantuan darinya. Rumusan masalah dari penelitian ini : (1).Bagaimana program kegiatan yang dilakukan Majelis taklim An-Nisaa dalam meningkatkan perilaku sosial Ibu-ibu di Desa Sembawa Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan? (2). Apa saja upaya stategis yang dilakukan Majelis taklim An-Nisaa dalam meningkatkan perilaku sosial Ibu-ibu di Desa Sembawa Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan? (3). Apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan Ibu-ibu Majelis taklim An-Nisaa dalam meningkatkan perilaku sosial di Desa Sembawa Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan? Tujuan dari penelitian ini : (1). Untuk mengetahui program kegiatan yang dilakukan Majelis taklim An-Nisaa dalam meningkatkan perilaku sosial di Desa Sembawa Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. (2). Untuk mengetahui upaya stategis apa saja dalam meningkatkan perilaku sosial Islam Ibu-ibu Majelis Taklim An-Nisaa Desa Sembawa Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. (3).Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan Ibu-ibu Majelis Taklim An-Nisaa Desa Sembawa Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan dalam meningkatkan perilaku sosial. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari program-program yang dari awal pendirian sampai sekarang banyak perubahan. Dan perubahan-perubahan tersebut terjadi karena selalu adanya evaluasi setelah kegiatan berlangsung. Upaya strategis yang dilakukan pemimpin dan pengurus majelis taklim ketika akan membuat program harus menyesuaikan kondisi dilapangan. Dengan membuat kegiatan pengajian, sholawatan, program infak, shodaqoh, sukarela,simpanan wajib, santunan yatim, sumbangan mushola dan masjid. Serta dari faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan perilaku sosial, yang disebabkan oleh faktor intern dan ekstern ibu-ibu majelis taklim An-Nisaa itu sendiri. Kata Kunci : Pemberdayaan, Majelis Taklim, Sosial.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:59
Last Modified: 11 Jul 2023 02:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11360

Actions (login required)

View Item View Item