PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS BAGIMASYARAKAT MELALUI KEGIATAN SHOLAWAT REZEKI DI DESA JAGASATRU KECAMATAN PEKALIPAN KOTA CIREBON

PADIATUL BADRIYAH, (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS BAGIMASYARAKAT MELALUI KEGIATAN SHOLAWAT REZEKI DI DESA JAGASATRU KECAMATAN PEKALIPAN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808101244_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101244_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101244_6_bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101244_7_dafpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Padiatul Badriyah, Penanaman Nilai-nilai Religius bagi Masyarakat Melalui Kegiatan Sholawat Rezeki di Desa Jagasatru Kecamata Pekalipan Kota Cirebon. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Dosen Pembimbing I H. Ahmad Khomaini Syafeie, S. Pd, M. Ag, Dosen Pembimbing II Dr. Iis Arifuudin, M. Ag.) Nilai religius merupakan nilai yang tertinggi dan mutlak, nilai ini bersumber kepada kepercayaan dan keyakinan manusia. Nilai religius mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang diwujudkan dalam perilaku melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang di anutnya. Nilai religius adalah nilai mengenai konsep kehidupan religius atau keagamaan berupa ikatan atau hubungan yang mengatur manusia dengan tuhannya. Sholawat Rezeki merupakan lembaga pendidikan non formal di masyarakat Desa Jagasatru yang berfungsi sebagai wadah bershalawat dan mencari ilmu. Melalui kegiatan sholawat rezeki ini merupakan salah satu upaya menanamkan nilai-nilai religius bagi masyarakats ekitar dan membentingi masyarakat dari pengaruh negatif globalisasi. Banyak berkembang pada saat ini mabuk-mabukan, perkelahian, dan tradisi jahilyah lainnya Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Sholawat Rezeki di Desa Jagasatru (2) untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam Sholawat Rezeki di Desa Jagasatru (3) untuk mengetahui penanaman nilai-nilai religious bagi masyarakat melalui kegiatan Sholawat Rezeki di Desa Jagasatru Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan, Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasilnya adalah: (1) pelaksanaan kegiatan Sholawat Rezeki di Desa Jagasatru dalam menanamkan nilai-nilai religius ada lima tahapan yaitu, pembukaan, mauidhoh hasanah, sholawat, dan penutup. (2) nilai-nilai religius yang terkandung dalam sholawat Rezeki di Desa Jagasatru ada tiga diantaranya, nilai Akhlak dan kedisiplinan, nilai aqidan dan keteladanan. (3) penanaman nilai-nilai religius melalui kegiatan Sholawat Rezeki di Desa Jagasatru dengan menggunakan cara Keteladanan dan perumpamaan, sholawat dan mauidhoh hasanah. Dengan kegiatan sholawat rezeki menjadi pemicu terwujudnya tujuan manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah, berkepribadian, dan mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat serta beragama. Masyarakat yang mengikuti kegiatan mengalami perubahan kepribadian pada dirinya kearah lebih baik. Kata Kunci: Sholawat Rezeki, Penanaman Nilai Relegius.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:12
Last Modified: 11 Jul 2023 03:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11363

Actions (login required)

View Item View Item