PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA DI MTs NEGERI 1 KOTA CIREBON

AI LINDA RAHMAWATI, (2023) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA DI MTs NEGERI 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908101011_1_cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101011_2_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101011_6_bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101011_7_dafpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

AI LINDA RAHMAWATI NIM. 1908101011 PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS IX DI MTs NEGERI 1 KOTA CIREBON Peranan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mempunyai tugas untuk mengajarkan atau memindahkan ajaran agama islam yang tentunya dikaitkan dengan Al-Qur’an dan Hadist. Salah satunya, pengajaran baca tulis Al-Qur’an, merupakan hal yang penting dikalangan umat Islam. Dalam pengajaran Al-Qur’an tidak dapat disamakan dengan membaca dan menulis di sekolah, karena dalam pengajaran Al-Qur’an anak-anak dikenalkan huruf-huruf hijaiyah, penulisan yang menggunakan bahasa arab yang mungkin tidak dapat dipahaminya. Meskipun demikian, orang islam harus belajar membaca Al-Qur’an. Karena lancar dalam membaca Al-Qur’an itu merupakan kebutuhan sehari-hari bagi kehidupan seorang muslim dalam kegiatan pengalaman ajaran agamanya. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengatahui peranan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Negeri 1 Kota Cirebon. Untuk mengetahui kesulitan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Negeri 1 Kota Cirebon. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat peranan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Negeri 1 Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah Guru dan Peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa sebab-sebab kesulitan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Negeri 1 Kota Cirebon adalah peserta didik tidak mengikuti kegiatan tambahan belajar seperti belajar di TPA tempat tinggal masing-masing, kurangnya dukungan dan motivasi dari keluarga, kesulitan yang dihadapi dari peserta didik yakni terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an dan kurang menguasai kaidah ilmu tajwid. Faktor pendukung dari kesulitan baca tulis Al-Qur’an adalah sarana prasarana yang memadai seperti ruangan BTQ, Iqra’, Al�Qur’an dan Juz Amma, serta partisipasi guru PAI MTs Negeri 1 Kota Cirebon. Faktor penghambat seperti kurangnya motivasi dalam diri peserta didik dan malas dalam belajar, lingkungan keluarga yang kurang mendukung, lingkungan teman sepermainan yang kurang memadai serta waktu yang sangat terbatas. Peranan dari guru pendidikan agama islam (PAI) sudah relatif baik dengan adanya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap peserta didik. Kata Kunci: Peranan Guru PAI, Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:16
Last Modified: 11 Jul 2023 03:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11364

Actions (login required)

View Item View Item