Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Inklusi Keuangan Syariah terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus pada UMKM Area Relokasi Alun-Alun Kejaksan Cirebon)

DIAN WULANDARI, (2022) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Inklusi Keuangan Syariah terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus pada UMKM Area Relokasi Alun-Alun Kejaksan Cirebon). Bachelor thesis, S2-Magister Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
AWAL COVER-PEDOMAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Dian Wulandari, NIM: 18086050031, Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Inklusi Keuangan Syariah terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus pada UMKM Area Relokasi Alun-Alun Kejaksan Cirebon) UMKM sebagai suatu usaha yang dijalankan oleh banyak masyarakat golonan ekonomi menengah kebawah, sehingga pelaku umkm dapat melakukan berbagai upaya agar dapat membantu perekonomian. Kemudian pada literasi dan inklusi keuangan syariah dimana pengetahuan masyarakat terkait bidang pengelolaan keuangan dan dunia perbankan syariah menjadi hal yang penting karena pihak lembaga keuangan syariah dapat membantu para pelaku UMKM dalam hal permodalan usaha sehingga kedua belah pihak dapat sama-sama mendapatkan manfaat. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif deskriptif menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Inklusi Keuangan Syariah terhadap Kinerja UMKM dengan teori yang relevan, dengan teknik sampel jenuh sebanyak 32 sampel pelaku UMKM di Area Relokasi Alunalun Kejaksan Cirebon. Hasil penelitian ini adalah: Secara parsial, Variabel literasi keuangan syariah secara parsial memiliki pengaruh, positif dan signifikan terhadap variabel kinerja UMKM dengan nilai nilai thitung (5,498) > ttabel (2,042) dan Sighitung (0,000) < 0,05 . Dan, Variabel inklusi keuangan syariah secara parsial memiliki pengaruh, positif dan signifikan terhadap variabel kinerja UMKM dengan nilai thitung (5,161) > ttabel (2,042) dan Sighitung (0,029) < 0,05. Selanjutnya, secara simultan Variabel literasi keuangan syariah dan inklusi keuangan syariah secara simultan mempengaruhi Variabel kinerja UMKM secara signifikan dengan nilai Fhitung (35,689)> Ftabel (3,33) dengan tingkat signifikansi 0,000 dan pernyataan Sighitung (0,000) < 0,05. Kata Kunci: Literasi Keuangan Syariah, Inklusi Keuangan Syariah, Kinerja, UMKM.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:48
Last Modified: 26 Nov 2023 13:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11424

Actions (login required)

View Item View Item