ANALISIS PERAN AUDITOR EKSTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG DIAUDIT TAHUN 2022 (Studi pada KAP Bharata Arrifin Mumajad & Sayuti (BAMS) Korespondensi Cirebon)

ARIF ADI WINTORO, (2023) ANALISIS PERAN AUDITOR EKSTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG DIAUDIT TAHUN 2022 (Studi pada KAP Bharata Arrifin Mumajad & Sayuti (BAMS) Korespondensi Cirebon). Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908205010_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205010_2_bab1.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205010_6_bab5.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205010_7_dafpus.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

ARIF ADI WINTORO, NIM: 1908205010, “Analisis Peran Auditor Eksternal Terhadap Pencegahan Kecurangan Laporan Keuangan pada Perusahaan yang Diaudit Tahun 2022 (Studi pada Kantor Akuntan Publik Bharata Arrifin Mumajad & Sayuti (Bams) Korespondensi Cirebon”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran auditor eksternal terhadap pencegahan kecurangan laporan keuangan, implementasi serta pengaruh yang diberikan auditor eksternal. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data didapat, melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan memahami literatur, serta mengutip langsung dari lembaga ataupun instansi terkait yang berhubungan dengan penelitian yang penulis lakukan. Penelitian ini menggunakan motode kualitatif deskriptif dan dalam pengambilan data, peneliti langsung turun ke lapangan. Penulis melakukan penelitian pada KAP BAMS Korespondensi Cirebon. Unit observasi penelitian yang dilakukan penulis, yaitu pada auditor eksternal senior dan junior. Sumber data yang digunakan merupakan sumber data primer dengan menggunakan data hasil wawancara dari auditor junior dan senior, serta data berupa laporan audit eksternal yang diaudit pada tahun 2022. Tekhnik yang digunakan sebagai keabsahan data menggunakan tekhnik model interaktif dan tekhnik analisis laporan auditor eksternal berdasarkan IAPI SA 700 2014. Hasil penelitian ini adalah Audit Eksternal pada KAP BAMS Korespondensi Cirebon menggunakan pedoman KEPAP (Kode Etik Profesi Akuntan Publik) 2021 dan SPAP (Standar Profesional Akuntan Publik) 2021, yang memberikan standar pelaporan keuangan perusahaan yang lengkap. Namun situasi yang berbeda dengan di lapangan dimana 90% berdasarkan informasi yang didapat dari auditor senior KAP BAMS, perusahaan di Cirebon merupakan perusahaan CV yang dipegang perorangan, jadi diawasi dan dijalankan sendiri. Sehingga semua laporan yang dibuat oleh bawahan langsung sampai ke owner sekaligus direktur utama. Sejauh ini pihak KAP BAMS belum pernah menemukan kecurangan dalam laporan keuangan yang diaudit. Namun, seperti salah saji, human error, dan kurang paham nya tenaga kerja pada perusahaan akan laporan standar akuntansi keuangan, hal ini membuat penguluran waktu yang sudah ditetapkan oleh kedua belah pihak. Namun dalam perannya auditor eksternal menjalankan tugasnya sesuai dengan surat kesepatan di awal sebelum dilakukannya audit perusahaan, dan tak jarang pula auditor memberikan opini audir WDP (Wajar Dengan Pengecualian) dikarenakan kondisi perusahaan yang kurang memadai atau lengkap dalam membuat laporan keuangan. Kata Kunci: Peran Auditor Eksternal, Kecurangan pada Laporan Keuangan, KAP

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:12
Last Modified: 18 Aug 2023 02:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11561

Actions (login required)

View Item View Item