PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN AKTIVITAS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

NURUL AENI, (2023) PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN AKTIVITAS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908205123_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205123_2_bab1.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205123_6_bab5.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205123_7_dafpus.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

NURUL AENI. NIM: 1908205123, “PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN AKTIVITAS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)” Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu ancaman risiko keuangan yang seringkali terjadi ancaman financial distress (kesulitan keuangan). financial distress bisa menjadi sebuah ancaman besar bagi perusahaan karena bisa menyebabkan tersingkirnya perusahaan dari pasar apabila perusahaan tidak mampu mengendalikannya, sehingga menyebabkan perusahaan mengalami kebangkrutan. Financial distress merupakan situasi dimana perusahaan tidak mampu memenuhi kewajibannya. Hal ini terjadi sebagai tanda awal sebelum kemungkinan terburuk yaitu perusahaan mengalami kebangkrutan. Perusahaan yang mengalami financial distress akan mempengaruhi pandangan investor terhadap perusahaan ketika akan menginvestasikan dananya ke perusahaan tersebut. tidak menutup kemungkinan perusahaan juga akan mengalami kebangkrutan atau kepailitan yang mengharuskan perusahaan ditutup atau dilikuidasi. Resiko financial distress bisa kita lihat dan ukur melalui laporan keuangan, caranya yaitu dengan melakukan analisis rasio terhadap laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan di situs website Bursa Efek Indonesia (BEI) atau situs website lainnya. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak 25 perusahaan. sampel yang digunakan sebanyak 6 perusahaan dengan jumlah data sebnyak 30 data. Teknik pengambilan sampel ialah menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dianalisis menggunakan bantuan aplikasi Eviews versi 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) rasio likuiditas berpengaruh signifikan terhadap financial distress. (2) rasio profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap financial distress. (3) rasio aktivitas berpengaruh signifikan terhadap financial distress. (4) rasio likuiditas, profitabilitas, dan aktivitas secara simultan berpengaruh terhadap financial distress dengan nilai adjusted R square sebesar 90,4% dan sisanya 9,6% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci : Likuiditas, Profitabilitas, aktivitas, Financial Distress.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:41
Last Modified: 18 Aug 2023 03:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11580

Actions (login required)

View Item View Item