PENGARUH KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DAN MODAL SENDIRI TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MELALUI PENDAPATAN USAHA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus UMKM di Kota Cirebon)

LULU FATINAH, (2022) PENGARUH KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DAN MODAL SENDIRI TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MELALUI PENDAPATAN USAHA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus UMKM di Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908205124_1_cover.pdf

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205124_2_bab1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205124_6_bab5.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205124_7_dafpus.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

LULU FATINAH. NIM: 1908205124, “Pengaruh Kredit Usaha Rakyat(KUR) dan Modal Sendiri Terhadap Perkembangan Usaha Melalui Pendapatan Usaha Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus UMKM di Kota Cirebon)”, 2023. Cirebon merupakan salah satu kota yang dijadikan tujuan wisata oleh banyak orang. Karena letaknya yang strategis dan memiliki banyak tempat wisata membuat turis dari berbagai kota dan negara tertarik. Oleh karenanya, mendorong kota ini untuk meningkatkan kualitas wisata dan lainnya, salah satunya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Karena banyaknya minat wisata di kota Cirebon, membuat para pelaku UMKM mengalami peningkatan pendapatan, dan mereka gencar mengembangkan bisnisnya. Tentunya dalam perkembangan usahanya ini, timbul berbagai halangan salah satunya terkait modal. Modal ini berasal dari modal sendiri yang dimiliki juga tambahan modal dari pemerintah berupa kredit usaha rakyat (KUR). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu UMKM di Kota Cirebon dengan total 2.206 unit. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria: UMKM yang mendapatkan KUR, usaha sudah berjalan ≥ 6 bulan, dan KUR sudah diterima minimal 1 tahun. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis dengan bantuan aplikasi Statistical Product and Service Soution (SPSS) Versi 25. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh KUR dan modal sendiri terhadap pendapatan, pengaruh KUR dan modal sendiri terhadap Perkembangan usaha, pengaruh pendapatan terhhadap perkembangan usaha, serta pengaruh KUR dan modal sendiri terhadap perkembangan usaha melalui pendapatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kredit usaha rakyat (KUR) dan modal sendiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha, KUR dan modal sendiri juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Sedangkan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha. Selanjutnya kredit usaha rakyat (KUR) dan modal sendiri berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perkembangan usaha melalui pendapatan. Kata Kunci: Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Kredit Usaha Rakyat (KUR), Modal Sendiri, Pendapatan, Perkembangan Usah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:45
Last Modified: 18 Aug 2023 03:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11582

Actions (login required)

View Item View Item