STRATEGI PEMBANGUNAN DESA DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN (Studi Kasus Desa Banjarwangunan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon)

FIQHI AULIA SYARIFAH, (2023) STRATEGI PEMBANGUNAN DESA DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN (Studi Kasus Desa Banjarwangunan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1- Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908204154_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204154_2_bab1.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204154_6_bab5.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204154_7_dafpus.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Fiqhi Aulia Syarifah. NIM : 1908204154, “STRATEGI PEMBANGUNAN DESA DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN (STUDI KASUS DESA BANJARWANGUNAN KECAMATAN MUNDU KABUPATEN CIREBON)”. Peneliti menemukan ada beberapa masyarakat yang masuk kategori tidak mampu tetapi meraka tidak mendapatkan bantuan, sebaliknya ada masyarakat yang dikategorikan mampu secara finansial justru mereka mendapatkan bantuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Desa Banjarwangunan, gambaran kemiskinan Desa Banjarwangunan, gambaran pembangunan Desa Banjarwangunan dan strategi penanggulangan kemiskinan di Desa Banjarwangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang di deskripsikan untuk mendapatkan data tentang strategi dan peran pemerintah serta masyarakat terhadap proses pembangunan desa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi secara langsung kepada masyarakat. Teknik analisi data penelitian ini dengan menggunakan Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan instrumen berupa SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemiskinan di Desa Banjarwangunan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon disebabkan oleh beberapa faktor yaitu 1) Pendidikan yang rendah, 2) Keterbatasan modal, 3) Keterbatasan sarana dan prasarana kesehatan, 4) Kurangnya Partisipasi masyarakat dalam pengentasan kemiskinan, 5) Kurangnya koordinasi dengan pihak terkait. Dari beberapa faktor tersebut, kemiskinan berdampak kepada hilangnya hak kesejahteraan masyarakat, hilangnya hak atas pendidikan, hilangnya hak atas memperoleh pekerjaan yang layak, kurangnya koordinasi antara pihak RT dengan pihak Pemerintah desa sehingga pihak RT kehilangan komunikasi dengan masyarakat atau warga desa Banjarwangunan. Kata kunci: Kemiskinan, Pembangunan, Pemberdayaan dan Penanggulangan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:44
Last Modified: 10 Jan 2024 03:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11586

Actions (login required)

View Item View Item