PERAN KOPERASI PUAN MANDIRI TERHADAP USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA SERTIFIKASI HALAL DALAM PERSPEKTIF UNDANG UNDANG NO. 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL (Studi Kasus Pada Produk UMKM CV. Agro Mitra Abadi Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon)

FITRIA AZZAHRA, (2023) PERAN KOPERASI PUAN MANDIRI TERHADAP USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA SERTIFIKASI HALAL DALAM PERSPEKTIF UNDANG UNDANG NO. 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL (Studi Kasus Pada Produk UMKM CV. Agro Mitra Abadi Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908202061_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202061_2_bab1.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202061_6_bab5.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202061_7_dafpus.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Fitria Azzahra. NIM 1908202061, “PERAN KOPERASI PUAN MANDIRI TERHADAP USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA SERTIFIKASI HALAL DALAM PERSPEKTIF UNDANG UNDANG NO. 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL (STUDI KASUS PADA UMKM CV. AGRO MITRA ABADI)”. Koperasi merupakan salah satu sasaran yang menjadi penopang ekonomi bagi masyarakat. Koperasi merupakan sebuah organisasi yang berbasis Kerjasama antar anggotanya. Dalam Islam Koperasi termasuk dalam golongan syirkah. Begitupun Pada Koperasi Puan Mandiri yang didirikan pada tahun 2010 dan sudah berbadan hukum. Koperasi puan mandiri juga menaungi beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dikelola oleh angggotanya sendiri dan dari anggota koperasi puan mandiri memiliki UMKM sebanyak 11 diantaranya CV. Agro Mitra Abadi. Dari 11 UMKM hanya 1 yang sudah bersertifikasi halal yaitu CV.Agro Mitra Abadi. Oleh karena itu saya tertarik untuk meneliti sejauh mana peran dari koperasi puan mandiri terhadap UMKM dalam mensertifikasi halal produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui sejauh mana peran dari Koperasi Puan Mandiri dalam meningkatkan sertifkasi halal pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dikelola anggota koperasinya sendiri untuk disertifikasi halal serta ditinjau dalam perspektif Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Penelitian ini menggunakan metodologi Deskriptif Kualitatif yang dimana pengumpulan datanya melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil pembahasan dari penelitian ini adalah pertama, peran dari Koperasi puan mandiri dalam meningkatkan sertifikasi halal pada produk UMKM anggotanya adalah dengan mengkolektifkan UMKM nya pada program gratifikasi dari pemerintah yang di fasilitasi oleh dinas Koperasi. Kedua, faktor penghambat dari Koperasi Puan Mandiri dalam menaungi UMKM nya adalah karena masih banyak UMKM yang usahanya tidak berjalan dengan lancar atau macet jadi perputaran omsetnya tidak sesuai. faktor pendukung Koperasi Puan Mandiri untuk meningkatkan UMKM anggota koperasi puan mandiri yaitu diikut sertakan dalam pameran. Ketiga, proses sertifikasi halal dari CV.Agro Mitra Abadi yaitu dengan dengan mengikuti program gratifikasi dari pemerintah. Kata Kunci : Koperasi, UMKM dan Sertifikasi Halal

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:57
Last Modified: 10 Jan 2024 03:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11591

Actions (login required)

View Item View Item