EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi kasus di Desa Cipaat Kecamatan Bongas Kabupaten Indramayu)

ARLIN AGUSTIN, (2023) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi kasus di Desa Cipaat Kecamatan Bongas Kabupaten Indramayu). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908204138_1_cover.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204138_2_bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204138_6_bab5.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204138_7_dafpus.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Arlin Agustin. NIM 1908204138 “EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Cipaat Kecamatan Bongas Kabupaten Indramayu). Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa besar pengaruh Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap efektivitas pelaksanaan PKH di Desa Cipaat Kecamatan Bongas Kabupaten Indramayu. Yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk penelitian ini adalah hasil pengamatan awal yang penulis lakukan di Desa Cipaat, Dimana adanya PKH ini tetapi kemiskinan di Desa Cipaat banyak bahkan ada masyarakat miskin yang tidak menerima bantuan PKH. Dengan permasalahan ini penulis bertujuan ingin mengetahui seberapa besar efektivitas pelaksanaan PKH dalam pengentasan kemiskinan di Desa Cipaat kecamatan bongas Kabupaten Indramayu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Dan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan Program Keluarga Harapan dilihat dari ketepatan sasaran, sosialisasi program, tujuan program dan pemantauan program di Desa Cipaat sudah terlaksana dan berjalan sesuai tujuan programnya. Dan penghambat efektivitas di Desa Cipaat adalah kurangnya kesediaan KPM dalam kewajiban nya, sarana dan prasarana yang kurang mendukung, Administrasi kependudukan serta Mental KPM dalam menerima kondisi sosialnya. Sedangkan PKH menurut perspektif ekonomi Islam di Desa Cipaat sudah sesuai dengan syariat ekonomi Islam dilihat dari nilai-nilai ekonomi Islam nya yaitu dari keadilan, tanggung jawab dan Kriteria menurut islam yang mendapat bantuan PKH. Kata Kunci : Kemiskinan, Efektivitas, Program Keluarga Harapan (PKH), Ekonomi Islam

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:12
Last Modified: 10 Jan 2024 00:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11626

Actions (login required)

View Item View Item