PENGARUH LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT INVESTASI DENGAN LATAR BELAKANG SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Rizal Wildan Firdaus, (2023) PENGARUH LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT INVESTASI DENGAN LATAR BELAKANG SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908204034_1_cover.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204034_2_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204034_6_bab5.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204034_7_dafpus.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Rizal Wildan Firdaus, NIM: 1908204034, “Pengaruh Litersi Keuangan dan Inklusi Keuangan Syariah Terhadap Minat Investasi Dengan Latar Belakang Sosial Sebagai Variabel Moderasi”. Skripsi 2023. Kurangnya literasi keuangan syariah menyebabkan masyarakat tidak memahami potensi investasi yang tersedia dalam sistem keuangan syariah, sehingga mereka enggan untuk investasi. Selain itu, inklusi keuangan syariah yang terbatas juga menjadi hambatan dalam meningkatkan minat investasi. Akses terbatas terhadap produk dan layanan keuangan syariah, seperti rekening bank syariah, asuransi syariah, atau sukuk, membuat masyarakat sulit untuk melakukan investasi yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh literasi keuangan syariah, inklusi keuangan syariah, dan latar belakang sosial terhadap minat investasi mahasiswa Ekonomi Syariah di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 88 responden, yang dipilih secara acak dari populasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur tingkat literasi keuangan syariah, inklusi keuangan syariah, latar belakang sosial, dan minat investasi. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak statistik SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi mahasiswa Ekonomi Syariah. Demikian pula, inklusi keuangan syariah juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi. Selain itu, secara simultan literasi keuangan syariah dan inklusi keuangan syariah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi. Namun, variabel latar belakang sosial tidak memoderasi hubungan antara literasi keuangan syariah dan inklusi keuangan syariah dengan minat investasi. Kata kunci: Literasi Keuangan Syariah, Inklusi Keuangan Syariah, Latar Belakang Sosial, Minat Investasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:22
Last Modified: 10 Jan 2024 04:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11629

Actions (login required)

View Item View Item