TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PADA ANAK (Studi Kasus Di Desa Talagawetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka)

MUHAMMAD DZIKRI JUNAEDI, (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PADA ANAK (Studi Kasus Di Desa Talagawetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka). Bachelor thesis, S1-Hukum Keluarga.

[img]
Preview
Text
1908201032_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201032_2_bab1.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201032_6_bab5.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201032_7_dafpus.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

MUHAMMAD DZIKRI JUNAEDI. NIM: 1908201032. TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PADA ANAK (Studi Kasus di Desa Talagawetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka), 2023. Pola asuh orang tua dalam membentuk akhlak anak di sebuah keluarga sangatlah penting, karena keluarga merupakan kelompok sosial pertama dimana individu berada dan akan mempelajari banyak hal yang paling mendasar melalui pola asuh dan binaan orang tua. Setiap orang tua mempunyai gaya tersendiri dalam hubungannya dengan anak-anaknya, dan ini mempengaruhi perkembangan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui penerapan pola asuh orang tua dalam pembentukan akhlak pada anak di Desa Talagawetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. Kedua, mengetahui kesesuaian penerapan pola asuh orang tua dalam pembentukan akhlak pada anak yang terjadi di Desa Talagawetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka dengan hukum Islam. Ketiga, mengetahui kendala-kendala dalam penerapan pola asuh orang tua yang terjadi di Desa Talagawetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka dalam membentuk akhlak pada anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif atau data lapangan (field research), data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini: Pertama, penerapan pola asuh orang tua dalam pembentukan akhlak pada anak yang terjadi di Desa Talagawetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka setiap orang tua memiliki cara tersendiri dalam membentuk akhlak anak, agar mempunyai akhlak yang baik. Terdapat tiga macam pola pengasuhan yang diterapkan, di antaranya pola asuh demokratis, permisif dan otoriter. Adapun berbagai macam cara yang dilakukan dalam memberikan pendidikan akhlak kepada anak di antaranya, mendidik melalui perilaku teladan, mendidik melalui sistem pembiasaan, mendidik dengan memberikan motivasi dan nasehat, mendidik dengan memberikan pengawasan dan mendidik dengan menanamkan nilai budi pekerti kepada anak. Kedua, penerapan pola asuh orang tua dalam pembentukan akhlak pada anak yang terjadi di Desa Talagawetan belum sesuai dengan hukum islam. Pada umumnya orang tua hanya fokus pada pengawasan lingkungan pergaulan saja, akan tetapi kurang memperhatikan tentang keimanan dan akhlak anaknya. Ketiga, kendala�kendala yang mempengaruhi penerapan pola asuh orang tua dalam pembentukan akhlak anak yang terjadi di Desa Talagawetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka, diantaranya pendidikan orang tua, faktor agama, faktor ekonomi, dan lingkungan sekitar. Namun, mayoritas keluarga memiliki kendala dari tingkat pendidikan dan ekonomi yang rendah dalam menerapkan pola asuh anak ini. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Pembentukan Akhlak dan Hukum Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:25
Last Modified: 29 Aug 2023 07:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11715

Actions (login required)

View Item View Item