ANALISIS AKURASI ARAH KIBLAT MASJID DI WILAYAH KECAMATAN SLIYEG MENGGUNAKAN METODE MIZWALA QIBLA FINDER DAN MIZWANDROID (Studi Kasus Masjid di Wilayah Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu)

MOHAMAD WISNU AZIS, (2023) ANALISIS AKURASI ARAH KIBLAT MASJID DI WILAYAH KECAMATAN SLIYEG MENGGUNAKAN METODE MIZWALA QIBLA FINDER DAN MIZWANDROID (Studi Kasus Masjid di Wilayah Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908201099_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201099_2_bab1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201099_6_bab5.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201099_7_dafpus.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Mohamad Wisnu Azis. NIM: 1908201099. “ANALISIS AKURASI ARAH KIBLAT MASJID DI WILAYAH KECAMATAN SLIYEG MENGGUNNAKAN METODE MIZWALA QIBLA FINDER DAN MIZWANDROID (STUDI KASUS MASJID KECAMATAN SLIYEG KABUPATEN INDRAMAYU)”, 2023 Cara menentukan arah kiblat bagi masjid-masjid mengalami perkembangan sesuai dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki masyarakat Islam, pada tahap permulaan menggunakan cara yang sangat sederhana, kemudian mengalami kemajuan dengan menggunakan alat-alat mengukurnya, diantaranya adalah trigonometri, bayang-bayang matahari, kompas magnet, kompas transparan, kompas kiblat, busur derajat, rubu‟ mujayyab, tali atau benang, tongkat istiwa‟ lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang yang mejadi rumusan masalah: “1) Bagaimana Tingkat Keakurasian Metode Mizwala Qibla Finder dan Mizwandroid di Bandingkan Dengan Metode Lainnya?. 2) Bagaimana Tingkat Keakurasian Masjid-Masjid di Wilayah Kecamatan Sliyeg Berdasarkan Metode Mizwala Qibla Finder dan Mizwandroid?.” Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian empiris. Ialah jenis yang berfungsi untuk melihat hukum, dalam artian nyata dan meneliti bagaimana hukum bekerja dalam lingkungan masyarakat dan kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, mendeskripsikan, dan menjelaskan kualitas atau ciri�ciri pengaruh sosial yang tidak dapat dijelaskan, diukur, atau digambarkan melalui pendekatan kuantitatif. Metode-metode yang digunakan untuk melakukan pengukuran arah kiblat banyak dilakukan di indoensia seperti metode rubu‟ mujayyab, tongkat istiwa‟, kompas magnetik, theodolite, mizwala qibla finder dan mizwandroid, alat-alat ini sangat berguna untuk mengakurasikan arah kiblat akan tetapi metode tersebut ada juga kekuranganya yang mengakibatkan ketidak akurat. Dua metode yaitu Mizwala Qibla Finfer (MQF) yang di dukung oleh softweremya dan metode Mizwandroid, dari dua metode tersebut peneliti mendapatkan hasil dari 14 masjid yang di teliti terdapat deviasi anatara arah kiblat masjid setempat dan arah kiblat hasil perhitungan peneniti. Deviasi yang di dapatkan mulai dari +1o sampai -20o . Dan rata-rata deviasi masjid tersebut adalah -10o , hal tersebut kemungkinan dapat dipengaruhi oleh metode yang digunakan penentuan arah kiblat sejak awal dan pergesran lempengan tanah yang dapat mempengaruhi derajat arah kiblat masjid tersebut. Kata Kunci: Analisis, Arah Kiblat, Mizwala Qibla Finder dan Mizwandroid.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:13
Last Modified: 30 Aug 2023 07:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11743

Actions (login required)

View Item View Item