HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS 5 MI SALAFIYATUL HUDA 1 KOTA CIREBON

SITI MAESAROH, (2023) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS 5 MI SALAFIYATUL HUDA 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.

[img]
Preview
Text
1908107143_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107143_2_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107143_6_bab5.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107143_7_dafpus.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kemampuan siswa yang masih kurang dalam berpikir kreatif saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Dibuktikan dengan kebiasaan siswa yang malas untuk menulis saat pembelajaran berlangsung. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, diantaranya tulisan yang cukup banyak dan kurangnya percaya diri terhadap kemampuan menulisnya. Dari permasalahan tersebut dapat mengakibatkan kurangnya kemampuan berpikir kreatif pada siswa. Maka dari itu, peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk memudahkan dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa mendapatkan pemahaman belajar yang tercapai. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk megetahui penggunaan pembelajaran memelui model pembelajaran multiliterasi siswa kelas 5 di MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon. (2) untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon. (3) untuk mengatahui hubungan pembelajaran melalui model pembelajaran multiliterasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon. Pendekatan penelitian yang digunakan penulis yaitu pendekatan kuantitatif dengan Metode penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang di gunakan berupa observasi dan angket, teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi korelasi product moment, uji signifikansi, uji linieritas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan positif yang signifikansi antara model pembelajaran multiliterasi dengan kemampuan berpikir kreatif. Pada hasil model pembelajaran multiliterasi dengan kemampuan berpikir kreatif melalui uji korelasi product moment antara variabel bebas dengan variabel terikat, menunjukkan adanya hubungan yang positif karena diperoleh nilai signifikansinya 1,000 > 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat korelasi antara variabel x dan y, Hasil yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < (taraf signifikansi), dengan kata lain H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, berdasarkan hasil uji statistik tersebut disimpulkan bahwa Ada hubungan penggunaan model pembelajaran Multiliterasi dengankemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:34
Last Modified: 13 Nov 2023 06:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11768

Actions (login required)

View Item View Item