STRATEGI BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM-PROGRAM SEKOLAH DI MTS AL-MA’SUM II CIMUNCANG KEC. MALAUSMA KAB. MAJALENGKA

Ade Risman, (2023) STRATEGI BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM-PROGRAM SEKOLAH DI MTS AL-MA’SUM II CIMUNCANG KEC. MALAUSMA KAB. MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109004_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109004_2_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109004_6_bab5.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109004_7_dafpus.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi terus terjadi dalam berbagai lini kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Menuntut sekolah untuk terus bisa beradaptasi dengan perkembangan yang terus meningkat. Teknologi informasi yang ada, membuat sekolah harus bisa memanfaatkan agar seluruh program yang ada di sekolah bisa tersampaikan kepada masyarakat lewat media digital. Humas menjadi penghubung berbagai kepentingan yang ada disekolah untuk bisa diketahui oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bidang hubungan masyarakat sekolah MTs Al-Ma’sum II Cimuncang dalam mensosialisasikan program-program sekolah kepada masyarakat, hambatan yang dihadapi oleh humas sekolah serta upaya yang dilakukan untuk menyampaikan berbagai program sekolah kepada masyarakat. Adapaun jenis data yang disampaikan dalam penelitian ini adalah data kualitatif deskriptif dimana data yang disampaikan berupa ulasan yang mendalam mengenai strategi bidang hubungan masyarakat sekolah dalam menyampaikan program-program sekolah kepada masyarakat. Sumber data dari penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat, kepala sekolah, guru-guru, murid, dan masyarakat. Sedangkan untuk data penunjangnya adalah observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa strategi humas sekolah MTs Al-Ma’sum II Cimuncang dalam melakukan sosialisasi program�program sekolah berbasis digital meliputi 1). Komunikasi 2). Keterlibatan berbagai pihak dan 3). menggunakan media pamflet serta vedeo-vedeo pendek. Sedangkan untuk hambatan yang dihadapi oleh hubungan masyarakat sekolah MTs Al-Ma’sum II Cimuncang adalah 1). kurangnya koordinasi, 2). Jaringan internet, 3). kemampaun SDM yang masih kurang, 4). kesadaran wali murid yang rendah. Untuk Upaya yang dilakukan oleh humas sekolah yaitu tetap menjaga hubungan baik dengan masyarakat, menggunakan media sosial, dan meningkatkan kemampuan SDM di sekolah dalam menggunakan media digital.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:35
Last Modified: 13 Nov 2023 06:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11771

Actions (login required)

View Item View Item